SHARE THIS ARTICLE

Miyazaki Jepang punya satu jenis ayam yang spesial. Miyazaki jidori atau disebut dengan nama miyazaki jittokko ini dikenal karena tekstur dagingnya yang kenyal dan kaya rasa. Wuih, kira-kira seperti apa ya?

foodosophy.wordpress.com
foodosophy.wordpress.com

Miyazaki jidori adalah jenis ayam yang diciptakan melalui proses eksperimen silang puluhan tahun lalu. Di tahun 1960-an, para peneliti memulai penelitiannya untuk mengembangbiakkan jenis ayam ini. Proses kembang biak ayam inipun berbeda dan sangat cermat diperhatikan.

Jika pada umumnya ayam dikembang biakkan dalam waktu 90 hingga 120 hari, miyazaki jidori berbeda. Ayam ini butuh waktu lebih lama sekitar 180 hari hingga siap dipotong. Ayam ini berkembang secara alami, tanpa penggunaan tambahan hormon pertumbuhan.

Ayam miyazaki jidori diternakkan dalam kandang yang sangat diperhatikan kebersihannya. Jika umumnya ayam diternakkan di dalam kandang yang padat dan kurang cahaya, ayam ini justru sebaliknya. Dalam jarak satu meter, hanya ada maksimal 10 ekor ayam. Cahaya matahari bisa bebas masuk, dan sirkulasi udara di dalam kandang selalu lancar.

Karena diternakkan dalam waktu yang lebih lama dan tanpa tambahan obat apapun, ayam ini juga mengandung nutrisi tinggi. Akhirnya, dihasilkan ayam berkualitas prima dengan rasa dan tekstur yang baik dan tidak berbau. Dagingnya berteksur lebih kenyal dan gurih lezat.

Biasanya, daging miyazaki jidori digunakan untuk berbagai jenis masakan. Ada yang memakannya mentah (sashimi), dibuat jidori tataki, ataupun menu sumibi-yaki. Salah satu masakan yang populer menggunakan miyazaki jidori adalah chicken namban, yaitu ayam yang sudah digoreng garing kemudian dicampurkan dengan cuka namban dan saus tartar.

Source : food.detik.com
COMMENT