SHARE THIS ARTICLE

Jepang dikenal sebagai negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia lewat pola dan gaya hidupnya. Namun menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Tokyo University of Agriculture and Technology bersama Japan Small Animal Veterinary Association ternyata bukan hanya manusia saja yang panjang umur di Jepang, tapi juga hewan peliharaan mereka.

Seperti diwartakan dari berbagai sumber, penelitian tersebut menghitung umur rata-rata hewan peliharaan di Jepang berdasarkan pada survei tahun 2014 dari 5.977 anjing dan 3.288 kucing yang meninggal di 192 rumah sakit hewan di seluruh Jepang. Usia kucing dan anjing peliharaan di Jepang yang berumur panjang telah melonjak, dengan kucing rata-rata dilaporkan hidup hingga 11,9 tahun dan anjing hingga 13,2 tahun. Pada tahun 1990, usia hidup kucing rata-rata adalah 5,1 tahun dan anjing adalah 8,6 tahun.

Salah satu alasan utama di balik usia hidup kucing dan anjing di Jepang yang semakin panjang itu disebabkan karena semakin banyak hewan yang dipelihara di dalam ruangan, makanan berkualitas baik dan perawatan medis yang semakin canggih. Selain itu peningkatan dalam vaksinasi serta penurunan jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit karena infeksi juga menjadi faktor-faktor lainnya.

Sementara itu anjing dengan ras campuran hidup lebih lama daripada yang ras murni, sedangkan kucing betina memiliki usia hidup lebih panjang daripada kucing jantan menurut Haruka Yanagawa, mahasiswa di universitas yang menganalisis penelitian tersebut.

Salah satu contoh meningkatnya usia harapan hidup dari hewan peliharaan di Jepang adalah Pusuke, seekor Shiba Inu tertua di dunia menurut Guinness World Records, yang hidup selama 26 tahun dan delapan bulan hingga kematiannya pada bulan Desember 2011.

Bagaimana dengan hewan peliharaan kalian?

(Featured image: telegraph.co.uk)

Sources :
COMMENT