SHARE THIS ARTICLE

coming of age day 01 - akb48

Beberapa hari yang lalu banyak diberitakan beberapa artis Jepang yang merayakan Coming of Age Day atau yang bisa diartikan sebagai hari datangnya kedewasaan. Sebenarnya apa sih Coming of Age Day itu?

Coming of Age Day (成人の日 Seijin no Hi) adalah sebuah hari libur di Jepang yang diadakan setiap hari Senin kedua di bulan Januari. Coming of Age Day diadakan untuk memberikan ucapan selamat dan memberikan dorongan kepada semua orang yang telah mencapai usia mayoritas (20 tahun) selama tahun kemarin, dan untuk membantu menyadarkan mereka bahwa kini mereka telah menjadi orang dewasa. Dalam Coming of Age Day ini terdapat beberapa perayaan seperti upacara datangnya kedewasaan (成人式 seijin-shiki) yang diadakan di kuil-kuil keagamaan di Jepang, dan setelah itu dapat dilanjutkan dengan perayaan atau pesta dengan teman atau keluarga.

coming of age day 02 - akb48

Perayaan Coming of Age Day dimulai di Jepang pada tahun 714 Masehi, saat seorang pangeran muda mengenakan jubah baru dan juga mengubah tatanan rambutnya untuk menandakan bahwa ia telah memasuki gerbang kedewasaan. Sementara untuk hari liburnya mulai ditetapkan pada tahun 1948, untuk diadakan setiap tahunnya pada tanggal 15 Januari. Namun mulai tahun 2000, sebagai hasil dari Happy Monday System, maka hari libur untuk perayaan Coming of Age Day ini ditetapkan menjadi setiap hari Senin kedua pada bulan Januari.

Hingga beberapa saat lalu, mereka yang merayakan Coming of Age Day adalah orang yang benar-benar telah menginjak usia 20 tahun, yaitu mereka berulang tahun yang ke-20 setelah Coming of Age Day tahun sebelumnya dan sebelum (atau tepat pada) Coming of Age Day tahun yang sedang berjalan. Pada kenyataannya sekarang, sebagian orang yang merayakan Coming of Age Day sebenarnya masih berumur 19 tahun, karena mereka yang merayakannya adalah mereka yang berulang tahun ke-20 antara tanggal 2 April tahun kemarin hingga 1 April tahun yang sedang berjalan.

coming of age day 03 - young ladies at harajuku

Upacara Coming of Age Day menandai datangnya usia dewasa seseorang, yang berarti hak-hak pribadinya akan bertambah luas namun juga diiringi dengan meningkatnya tanggung jawab yang diharapkan dari seorang dewasa. Mereka yang mengikuti upacara ini dapat mengikutinya di kuil-kuil keagamaan satu daerah setempat dengan dipimpin oleh pejabat daerah tersebut. Para pejabat itu memberikan beberapa pidato/ceramah, dan diikuti dengan pembagian bingkisan kecil untuk para dewasa baru tersebut.

Banyak wanita yang merayakan perayaan ini dengan mengenakan furisode, satu jenis kimono berlengan panjang yang menggantung ke bawah, dan sepasang sandal zori. Karena kerumitan yang akan ditemui jika mengenakan sendiri satu set kimono itu, para wanita itu biasanya pergi ke salon kecantikan untuk didandani dan merias rambut mereka. Dan juga karena harga satu set lengkap pakaian formal itu sangat mahal, maka kebanyakan dari mereka akan meminjamnya dari kerabat atau menyewanya di tempat penyewaan, alih-alih membelinya untuk satu kali peristiwa ini saja. Sementara itu, pria biasanya akan mengenakan pakaian tradisional seperti kimono berwarna gelap dengan hakama, namun saat ini banyak dari mereka yang mengenakan pakaian formal Barat seperti setelan jas dan dasi. Setelah upacara selesai, para dewasa baru ini biasanya akan merayakan hari itu secara berkelompok, baik itu pergi ke pesta atau pergi minum-minum, karena usia 20 tahun di Jepang adalah usia dimana kita dapat minum-minum (sake atau minuman keras lainnya) secara legal.

coming of age day 04 - young ladies at harajuku

Namun pada Kuil Meiji di Tokyo, upacara tidak langsung selesai begitu saja, namun berlanjut dengan ritual panahan kuno yang dikenal dengan nama Momote Shiki. Para pemanah mengenakan kimono formal seperti yang pernah dikenakan oleh para prajurit Samurai. Sebelum pemanah memulai tugasnya, seorang pendeta Shinto menembakkan sebuah anak panah bernama Kabura-ya, yaitu sebuah anak panah khusus berwarna merah dengan kepala anak panah berbentuk lobak. Anak panah tersebut akan mengeluarkan suara desingan saat dilepaskan dari busurnya. Suara tersebut dipercaya dapat mengusir kejahatan dari keseluruhan empat arah. Setelah itu, sebanyak 10 pemanah secara bergiliran akan melepaskan masing-masing dua anak panah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sources :
COMMENT