Share on

Walaupun Jepang memiliki penduduk muslim yang terbilang sangat sedikit, turis muslim di Jepang yang datang dari berbagai penjuru dunia semakin bertambah jumlahnya beberapa tahun belakangan ini. Orang Jepang pada umumnya tidak terlalu mempermasalahkan dan cukup toleran terhadap agama apapun yang dianut orang lain, termasuk Islam.

Advertise With Us

Tetapi, banyak dari mereka yang kurang memahami tentang Islam dan belum adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk para wisatawan asing yang beragama Islam. Meski begitu, dengan terus meningkatnya jumlah wisatawan muslim dari seluruh penjuru dunia, semakin banyak tempat dan perusahaan yang terus berusaha meningkatkan pelayanan untuk para turis muslim di Jepang.

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Bagi Turis Muslim di Jepang
(gambar: japan-guide)

Meledaknya lokasi-lokasi yang ramah akan wisatawan muslim, bertambahnya ruang beribadah, dan juga meningkatnya jumlah restoran yang menyediakan makanan halal membuat hidup wisatawan muslim di Jepang menjadi lebih mudah. Tetapi, tanpa arahan dari agensi sertifikasi halal, lokasi-lokasi wisata masih harus mencari tahu masing-masing hal yang diperlukan untuk wisatawan muslim tersebut. Karena itu, kualitas dari barang yang disediakan dan kehalalan yang diberikan belum tentu terjamin.

Makanan Halal

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Bagi Turis Muslim di Jepang
(gambar: japan-guide)

Ketersediaan makanan halal juga masih belum begitu besar di Jepang, selain itu banyak restoran yang sudah mendapat sertifikasi halal masih menjual alkohol. Hal itu dikarenakan, apabila dihilangkannya alkohol dari menu, bisa berdampak terhadap penjualan dari restoran tersebut.

Ada juga restoran yang menyediakan varian halal ataupunmuslim-friendly diantara menu-menu yang bisa dipilih di restorannya. Akan tetapi, dikarenakan restoran-restoran ini juga menyajikan makanan lain yang bisa jadi non-halal, kehalalan makanan yang dimasak satu dapur dengan makanan non-halal dikembalikan lagi kepada bagaimana persepsi konsumen. Apabila kalian benar-benar ingin memakan makanan yang halal, dianjurkan untuk mencari rumah makan yang menjual makanan khas timur-tengah.

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Bagi Turis Muslim di Jepang
(gambar: japan-guide)

Untuk yang sangat berhati-hati akan hal kehalalan masakan, kalian bisa memilih untuk memasak makanan sendiri di apartemen ataupun hotel tempat kalian tinggal, pilihlah hotel yang menyediakan dapur pribadi. Wisatawan juga dianjurkan untuk membawa makanan halal siap saji yang dapat dibuat dengan mudah apabila merasa kurang yakin dengan opsi diatas.

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Bagi Turis Muslim di Jepang
(gambar: japan-guide)

Makanan Jepang sendiri, walaupun jika dilihat dengan kasat mata terlihat halal, didalamnya bisa saja terdapat bumbu-bumbu atau bahan-bahan yang tidak diperbolehkan dalam Islam. Sushi bisa saja mengandung mirin (wineberas) yang dicampurkan ke nasinya, ramen bisa saja mengandung babi sebagai kuah atau dagingnya, dan lain sebagainya.

Selain itu, makanan yang hanya mengandung sayur-sayuran seperti asinan, salad, atau sup bisa juga mengandung alkohol, gelatin, atau lemak hewani yang mengandung bahan tidak halal. Karena itu, akan cukup sulit untuk menikmati hidangan asli Jepang yang benar-benar 100% halal. Wisatawan juga bisa mencoba untuk bertanya langsung kepada restoran bahan apa saja yang terkandung dalam masakan yang akan dipesan.

Tempat Ibadah

Untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk para wisatawan muslim, ruang ibadah yang sudah menyertakan arah kiblat dapat ditemukan dengan mudah di bandara dan juga hotel yang muslim-friendly. Daerah yang memiliki masjid besar juga biasanya dikelilingi oleh toko-toko dan restoran yang menyediakan barang-barang halal.

Apabila petunjuk arah kiblat sulit atau tidak bisa ditemukan, wisatawan bisa mengunduh aplikasi yang ada di smartphone masing-masing, sudah ada banyak aplikasi yang menyediakan arah kiblat. Wisatawan juga sangat dianjurkan untuk membawa sajadah, sarung, dan mukena secara pribadi, dikarenakan ketiga hal ini akan cukup sulit dijumpai di Jepang.

Hal Dasar yang Perlu Diketahui Bagi Turis Muslim di Jepang
Makki Masjid Tokyo

Itulah hal-hal dasar yang perlu diperhatikan sebagai wisatawan muslim di Jepang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tempat ibadah, restoran halal, akomodasimuslim-friendly bisa langsung mengunjungi situs resmi JNTO untuk pengunjung muslim ini! Brosur panduan untuk wisatawan muslim juga bisa diunduh di situs JNTO.

 Sumber : japan-guide