Berita Jepang | Japanesestation.com

Square Enix, salah satu developer game role-playing (RPG) ternama Jepang yang dikenal sebagai nama besar di balik game-game sukses seperti Final Fantasy dan Dragon Quest, memang terus mengembangkan sistem baru bagi game-game buatan mereka. Namun kali ini, bukan hanya gameplay-nya yang berkembang, tapi sistem kerja! Ya, layaknya perusahaan lain di Jepang, Square Enix pun membuat para karyawannya bekerja dari rumah alias work from home. Dan per 1 Desember mendatang, opsi work from home ini akan menjadi sistem kerja permanen bagi staf Square Enix, meski setelah pandemi berakhir nanti.

Dikutip dari Soranews24, perusahaan itu mengumumkan peraturan barunya secara resmi pada Rabu (25/11) lalu dan mengatakan bahwa ke depannya, Square Enix akan memiliki dua sistem kerja: pertama, home-base, di mana para staf bekerja secara work from home setidaknya 3 hari dalam satu minggu dan office-base, di mana para karyawan bekerja langsung di markas Square Enix di Distrik Shinjuku, Tokyo, dengan frekuensi kerja yang sama. Square Enix pun berencana membuat sistem home-base menjadi sistem kerja umum bagi para pekerja eksekutif dan pegawai dari Square Enix Holdings dengan rank di bawahnya, Sementara itu, office-base akan diaplikasikan pada mereka yang harus bekerja secara on-site, yang nantinya akan ditentukan melalui proyek spesifik dan para team leaders, dengan status on-site worker para karyawan akan diganti setiap bulannya.

work from home square enix japanesestation.com
Staf Square Enix (jp.square-enix.com)

Square Enix mengatakan bahwa tujuan dari peraturan baru tersebut adalah untuk meningkatkan keseimbangan antara hidup dan pekerjaan para staf sekaligus meningkatkan produktivitas mereka, dan bonusnya, Square Enix pun dapat mempekerjakan mereka yang tidak bisa pergi ke Shinjuku setiap hari. Hal ini memang merupakan win-win solution, apalagi bagi perusahaan yang bergerak di bidang kreatif seperti Square Enix di mana semangat para pegawai sangat berpengaruh pada produk final. Intinya, perusahaan ini benar-benar membuat peraturan barunya mengikuti visi Square Enix: “memastikan kreatifitas dan produktifitas untuk menghasilkan sarana entertainment dengan kualitas terbaik.”

Peraturan ini mungkin tak bisa dibilang datang di saat yang tepat, karena kini Square Enix sedang sibuk-sibuknya. Selain Final Fantasy XVI (seperti dalam video di atas), mereka juga tengah mempersiapkan instalasi kedua dari Final Fantasy VII Remake untuk PlayStation 5. Dan tak hanya itu, mereka juga tengah mempersiapkan seri baru dari franchise The World Ends with You dan Nier. Meskipun begitu, Square Enix tetap yakin bahwa mereka dapat mengerjakan semuanya dengan baik meski 80% staf mereka akan work from home pada Desember mendatang. Kita tunggu saja ya hasilnya!