SHARE THIS ARTICLE

edo-nagashibina-festival-japan1Sebagai bagian dari Hina Matsuri (Festival Boneka), Edo Nagashibina adalah perahu-perahu mengambang yang berisi boneka-boneka di sungai. Edo Nagashibina adalah kebiasaan tradisional mengusir semua kemalangan dan roh jahat dari anak-anak perempuan. Festival ini menjamin hidup sehat.

Gadis-gadis kecil, mengenakan kimono berwarna cerah, membawa boneka mereka, biasanya terbuat dari bahan kertas atau tanaman, kepada pemimpin keagamaan. Para tetua secara khidmat menempatkan boneka tersebut di perahu.

edo-nagashibina-festival-japan2edo-nagashibina-festival-japan3Semua kemalangan yang membayangi masa depan gadis-gadis itu ditempatkan dalam boneka. Saat boneka itu hilang dari pandangan, menyusuri sungai, begitu pula kemalangannya. Oleh karena itu, Edo Nagashibina adalah upacara pemurnian dan pembersihan.

edo-nagashibina-festival-japan4 edo-nagashibina-festival-japan5 edo-nagashibina-festival-japan6Praktek ini dimulai di Jepang pada Periode Heian. Ada berbagai lukisan dan puisi yang menggambarkan praktek tersebut. Hal ini tidak selazim seperti dulu karena kekhawatiran akan pencemaran air.

Para pengunjung dapat menonton upacara ini. Edo Nagashibina berlangsung pada awal Maret.

(image source: visitbeautifuljapan.blogspot.com, tokyofox.wordpress.com)

Source : bellaonline.com
COMMENT