SHARE THIS ARTICLE

Ada banyak contoh tentang tata krama dan etiket tertentu di Jepang. Memberikan hadiah merupakan salah satu area yang paling rumit dan sensitif dari etiket orang-orang Jepang. Hal ini kadang-kadang sangat membingungkan, bahkan untuk orang-orang Jepang, karena ada banyak aturan yang tak terucapkan dan perasaan yang terpendam di balik budaya pemberian hadiah.

gift-ettiquette-japan

Berikut adalah enam poin dari etiket memberi hadiah di Jepang.

1 . Uang tunai
Bukan hal yang tidak biasa bagi orang-orang Jepang untuk memberikan uang tunai sebagai hadiah, tapi mungkin terlihat terlalu langsung atau aneh saja, tergantung pada negara atau budaya Anda. Memberi hadiah uang tunai adalah hal yang umum untuk hadiah tahun baru kepada anak-anak, pernikahan, pemakaman dan sebagainya.

2 . Saling memberi / tukar-menukar
Orang Jepang biasanya memberikan sesuatu sebagai imbalan atas hadiah yang diterima, dan aturan-aturannya berbeda-beda tergantung pada setiap situasi. Bahkan jika seseorang mengatakan “Jangan khawatir tentang mengembalikan/membalasnya”, Anda masih perlu berpikir tentang hal itu. Ini adalah salah satu contoh dari aturan yang tak terucapkan yang disebutkan di atas.

3 . Suvenir
Dalam perjalanan Anda, siapa yang biasanya Anda belikan suvenir? Kebanyakan orang di Jepang membeli suvenir bahkan untuk rekan kerja yang tidak sangat dekat. Ini menjadi seperti kewajiban dan kadang-kadang tidak sangat menyenangkan (setidaknya untuk beberapa orang), tapi mereka masih terus membeli suvenir tersebut. Itulah Jepang…

4 . “Bolehkah saya membuka hadiahnya sekarang?”
Hal ini tidak hanya terjadi di Jepang, tapi terasa sopan untuk menanyakan apakah Anda dapat langsung membuka hadiah yang Anda baru saja terima. Bagaimana dengan di negara Anda?

5 . Pembungkus hadiah
Kadang orang-orang merobek kertas pembungkus hadiah dalam berbagai film Barat atau drama TV. Tapi di Jepang, mereka biasanya (meskipun tentu saja tergantung pada orangnya) mencoba untuk membuka hadiah dengan sangat hati-hati, agar tidak merusak pembungkusnya.

6 . “Tsumaranai monodesuga”
Ini adalah etiket Jepang yang paling unik dalam pemberian hadiah. Orang Jepang sering menggunakan kalimat ini ketika memberi hadiah seseorang. Terjemahan harfiah dari “Tsumaranai monodesuga” adalah “ini adalah sesuatu yang tidak berharga (atau tidak berguna)”. Kedengarannya sangat aneh bagi Anda, bukan? Anda mungkin berpikir “Kenapa orang Jepang memberikan hal yang tidak berharga sebagai hadiah?”, tapi ini hanya cara merendah bagi mereka untuk mengatakan “saya harap Anda akan menyukainya” atau “Ini adalah hal kecil untuk Anda”.

gift-ettiquette-japan2

Protokol memberikan hadiah di antara orang Jepang cukup rumit, dan merupakan contoh yang sangat baik dari budaya “Honne (maksud sesungguhnya)” dan “Tatemae (perasaan yang ditampilkan di depan umum)”.

(Image source: newschoolkaidan.com)

Sources :
COMMENT