SHARE THIS ARTICLE

Anda pernah atau akan makan di rumah keluarga berkewarganegaraan atau restoran Jepang? Apakah rumor menyeruput sup – miso atau sebaliknya – diperbolehkan ketika makan? Yang jelas, jangan pernah membuang ingus ketika berada di meja makan.

rapgenius.com
image: rapgenius.com

Sayangnya, beberapa orang Barat masih percaya bahwa kami memakai kimono dan memegang pedang samurai. Ketika Anda makan sup, Anda dapat membuat suara menyeruput, tetapi Anda tidak perlu melakukannya. Namun ketika Anda makan nasi, dekatkan mangkuk ke mulut Anda karena ini adalah cara yang sopan untuk melakukannya,” ujar koki asal Jepang, Naoki Nishimoto.

Jika Anda punya waktu luang sebelum pesta makan malam, sisihkan lima menit untuk memoles kemampuan bahasa Jepang Anda. Sebelum makan, katakanlah “Ita-daki-masu“, yang dapat diartikan sebagai “Mari makan” dan merupakan cara untuk menunjukkan rasa syukur atas makanan yang tersaji. Dan setelah makan, ucapkan “Go-Chiso-sama” yang artinya, “Terima kasih untuk makanannya”.

Adapun percakapan selama pesta makan malam, Nishimoto mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dibicarakan.

Jangan berbicara tentang topik yang tidak jelas atau bersih. Dan sebaiknya, jangan mendenguskan hidung di meja makan dengan tamu Jepang,” katanya, seperti dilansir SBS.

Jika merasa perlu mengeluarkan lendir di hidung, minta izinlah ke kamar mandi. Juga, bersiaplah untuk dilayani dengan penuh sopan santun dan keramahtamahan.

Ketika saya diundang ke rumah seorang teman Australia, saya sedikit terkejut ketika mereka berkata, ‘Please help yourself’. Kami tidak terbiasa diperlakukan seperti ini. Ketika kami diundang (untuk makan malam), kami akan dilayani dengan sangat baik, seolah-olah kami berada di sebuah hotel atau restoran,” lanjut Naoki.

Nishimoto juga mengungkapkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan sumpit. Selama makan, “Jangan memberdirikan sumpit dalam nasi, karena hal ini terlihat seperti kuburan,” katanya. “Jangan menjilat sumpit atau menusuk makanan Anda dengan sumpit, hal ini memberi kesan Anda tidak menghargai makanan.”

Selain itu, ketika pertama kali duduk Anda akan melihat pengaturan meja makan di mana sumpit ditempatkan secara horizontal di depan Anda.

Pada akhir makan, kembalikan mereka ke posisi semula,” saran Nishimoto.

COMMENT