Share on

Aktris Mao Inoue telah memenangkan banyak penghargaan sejak ia meraih ketenaran untuk perannya dalam serial drama terkenal Hana Yori Dango. Baru-baru ini dia memenangkan penghargaan lain selain bidang akting. Dia menduduki peringkat ke 1 dari 1000 wanita untuk menerima penghargaan E-Line Beautiful Award, penghargaan bagi yokogao bijin atau wanita yang terlihat cantik dari samping.

Mao Inoue Terpilih Menjadi Yokogao Bijin Pada Tahun 2018 Ini!
(image: Yahoo News Singapore)

Istilah "yokogao" (横 顔) di Jepang, merupakan profil yang sangat dihargai. Kriteria paling dasar untuk profil samping yang cantik adalah E-line: kependekan dari garis Estetika, hal itu adalah istilah ortodontik yang merujuk pada garis imajiner yang memanjang dari ujung hidung ke dagu. Garis ini digunakan untuk menilai keseimbangan struktur wajah dari samping.

Mao Inoue Terpilih Menjadi Yokogao Bijin Pada Tahun 2018 Ini!
Emi Takei (image: Livedoor)

Pemenang yokogao bijin sebelumnya yang terkenal adalah aktris cantik Emi Takei, yang menang pada tahun 2012 dan Ayame Goriki yang menang di tahun berikutnya. Pada tahun 2015, aktris dan mantan idola (dari grup X21) Miyu Yoshimoto juga diberikan penghargaan. Wajah samping, menunjukkan sisi lain dari kecantikan mereka. Selama upacara penghargaan tahun ini, Inoue menjelaskan bahwa memiliki gigi yang bagus sangat penting sebagai aktris karena hal tersebut sangat mempengaruhi profil wajah seseorang apabila terlihat dari samping.

Tentu saja, kecantikan itu indah di mana pun kalian memandangnya. Namun ada pesona unik dari profil wajah dari samping yang memberikan kesan yang lain. Pentingnya E-line menjadi pusat perhatian di Jepang. So, seleb lain manakah yang memiliki yokogao yang memukau?

(featured image: hotakky)