Share on

Mungkin nama Led Zeppelin sudah tidak asing bagi para beberapa penggemar musik rock. Led Zeppelin adalah band rock yang berasal dari Inggris yang dibentuk bulan September 1968, dan dibubarkan setelah pemain drumnya, John Bonham meninggal. Led Zeppelin terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham. Dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal yang pertama.

Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik klasik, musik India, musik Arab, musik pop, musik Amerika Latin, dan musik country. Selain itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar (100 Greatest Artists of Hard Rock) versi VH1.

Salah satu lagu mereka yang berjudul Stairway to Heaven sempat juga dicover oleh para musisi yang berasal dari Jepang menggunakan alat musik tradional jepang. Lagu versi cover tersebut dibawakan oleh Hiromu Motonaga yang memainkan Shakuhachi bersama Kizan Kawamura dalam video ini, dan dibantu juga oleh Keiko Hisamoto yang memainkan Nijugen-koto, serta Masako Watanabe yang memainkan Jushichigen-koto. Adapun aransemen ulang lagu ini dilakukan oleh Hiromu Motonaga. Seperti apa nuansa baru yang ditanamkan oleh para musisi Jepang ketika membawakan salah satu lagu single terbaik dari Led Zeppelin tersebut? Silahkan lihat di bawah: