Share on

Film live-action Fullmetal Alchemist yang akan dirilis di Jepang pada tanggal 1 Desember mendatang telah melakukan promosi sejak beberapa waktu terakhir. Dalam acara promosi untuk film tersebut yang diadakan baru-baru ini, aktris Tsubasa Honda yang berperan sebagai Winry Rockbell dalam film tersebut, tampil bersama seiyuu (aktris pengisi suara) Romi Park yang mengisi suara Edward Elric, dan Rie Kugimiya yang mengisi suara Alphonse dalam anime-nya dan memberikan komentar serta pemikiran mereka tentang film tersebut.

Tsubasa Honda, Romi Park & Rie Kugimiya Berkomentar Tentang Film Live-Action Fullmetal Alchemist
Dari kiri ke kanan: Rie Kugimiya, Tsubasa Honda, Romi Park

Dikutip dari berbagai sumber, sebelum syuting film live-action Fullmetal Alchemist, Tsubasa Honda yang merupakan penggemar berat manga itu sejak masa sekolah mengaku membaca ulang manga tersebut, "Film ini membuat saya berpikir sekali lagi bahwa Fullmetal Alchemist adalah sesuatu yang pasti bisa dinikmati semasa kecil, namun kemudian bisa dinikmati lagi setelah menjadi dewasa. Kisah hubungan persaudaraan itu indah, dan semua karakter, bahkan musuhnya, memiliki sisi yang menakjubkan pada diri mereka dan ada hal-hal yang saya sukai dari mereka," ucapnya.

Honda menambahkan bahwa pandangannya tentang tema sentral dari serial manga tersebut berubah seiring bertambahnya usia, dan dalam mempersiapkan perannya tentunya hal ini sangat membantunya. "Ichi wa zen, zen wa ichi", yang berarti "One is all, all is one" dari serial manga itu adalah satu baris kalimat yang ia sukai secara khusus. Selain Tsubasa Honda, film ini juga turut dibintangi Ryousuke Yamada (Hey! Say! JUMP) sebagai Edward Elric dan Dean Fujioka sebagai Roy Mustang.

Sementara itu Romi Park menunjukkan pentingnya rasa akan berada di dunia dalam ceritanya dan berpikir positif tentang film tersebut. "Ketika saya mendengar mereka membuat film live-action ini, saya sangat bahagia. Saya berpikir, 'Ketika mereka berhasil membuatnya menjadi film live-action, siapa sutradaranya dan bagaimana mereka akan melakukannya?' Ketika saya mendengar Fumihiko Sori menjadi sutradaranya, saya terkejut." ujar Park.

Park yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Fumihiko Sori menyatakan kepercayaan dirinya pada sutradara film yang pada tahun 2002 pernah meraih kategori "Sutradara Terbaik" di Japanese Academy Awards untuk karya pertamanya, PingPong. Park melanjutkan komentarnya, "Saya merasa senang bekerja sama dengan Sori di masa lalu, saya pikir akan sangat sulit untuk menjadikannya [Fullmetal Alchemist] masuk dalam film live-action. Tetapi ketika saya diperlihatkan trailer pertamanya, saya berpikir, 'Ini super, super bagus! Teruskan seperti ini dengan penggambaran dunianya!'"

Sedangkan Rie Kugimiya yang telah berperan sebagai karakter Alphonse Elric jauh sebelum mendapatkan gelar ratu tsundere, cukup antusias dengan film tersebut dan membuatnya sedikit bernostalgia saat melihat sendiri proyek itu. Namun ia menyebutkan banyaknya usaha yang harus dilakukan agar film tersebut tetap setia kepada materi sumbernya dan lebih menekankan pada detail produksinya. "Saya juga bertanya-tanya bagaimana jadinya ketika saya mendengar bahwa mereka membuat film live-action ini," ucap Kugimiya.

Ia mengenang semua hal yang dilakukannya bersama Romi Park dalam menjaga peran dua bersaudara yang kurang beruntung itu selama bertahun-tahun, "Bila kalian melihat rekamannya, itu terlihat sangat nyata. Saya pikir mungkin sangat sulit untuk proses syutingnya, tapi saya pikir itu menjadi sesuatu yang membuat kalian sangat merasakan cinta dan usaha yang ada di dalamnya, jadi saya bersyukur. Itu juga membuat saya merasa nostalgia, dimulai dengan adegan kereta api, dan pemandangan di mana semuanya terlihat hijau tiba-tiba muncul sama seperti di anime-nya," tambahnya.