Share on

Aktor Jepang yang pernah berakting membawakan Godzilla ke dunia nyata dikabarkan telah meninggal dunia kemarin sore pada usia 88 tahun karena menderita pneumonia. Nakajima yang lahir pada tahun 1929 adalah suit actor yang berada di balik kostum karet mahluk raksasa tersebut dalam film Godzilla pertama di tahun 1954 hingga film Godzilla vs. Gigan di tahun 1972 dengan total 12 film. Selain memerankan Godzilla, ia juga pernah berperan sebagai Mothra di tahun 1961 dan King Kong di tahun 1967 hingga memutuskan untuk pensiun dari berakting dalam kostum pada tahun 1973.

Dilansir dari berbagai sumber, Haruo Nakajima memulai karir aktingnya dalam film-film bertema perang dan samurai seperti Eagle of the Pacific, Farewell Rabaul, dan Seven Samurai. Sebagai suit actor Godzilla, awalnya ia sempat merasa kebingungan tentang bagaimana memerankan monster tersebut dan hanya mendapat sedikit arahan apalagi berada dalam kostum yang terbuat dari karet seberat 100 kilogram. "Mereka datang untuk bertemu dengan saya sebagai seseorang yang memiliki nyali, dan saya pikir itu sebabnya mereka menginginkan saya untuk peran Godzilla," ujar Nakajima dalam suatu wawancara pada bulan Maret yang lalu.

Haruo Nakajima, Aktor Di Balik Kostum Godzilla Tutup Usia
Image via Steve Jennings/Getty

Untuk memerankan Godzilla, Haruo Nakajima lalu melakukan penelitian dengan mengamati gerakan dari berbagai binatang di kebun binatang. Pada tahun 2014, Nakajima pernah menjelaskan tentang gaya berjalan Godzilla yang berasal dari seekor gajah, "Saat itu, ada gajah dari India yang bernama Indira dan saya memperhatikan bagaimana binatang itu berjalan."

Walau bayarannya cukup baik, ada awalnya banyak orang di sekitarnya yang menganggap bahwa berakting sebagai suit actor bukanlah pekerjaan. "Waktu itu, orang-orang tidak berbicara secara positif tentang suit actor," kata Nakajima. Meski demikian karakter monster yang diperankannya itu kemudian menjadi terkenal di dunia film hingga saat ini.

Selamat beristirahat dengan tenang Nakajima-sensei, peranmu sebagai Godzilla akan selalu dikenang.

(Featured image: Great Big Story)