Share on

Bagi penikmat dunia entertainment Jepang, nama Kiko Mizuhara mungkin tidak asing lagi bagi kalian. Ya, model cantik yang kerap tampil di berbagai iklan dan beberapa proyek live action ini memang cukup populer baik di Jepang maupun di negara lain. Namun, apakah kamu tahu kalau gadis cantik ini pernah mengalami pelecehan seksual oleh brand produk kecantikan ternama Jepang, SHISEIDO?

Ya, Kiko pernah menjadi bintang iklan untuk SHISEIDO pada tahun 2013. Dalam foto tersebut, model cantik ini berfoto tanpa satu helai pakaian pun, yang memang tidak aneh dalam industry modeling. Namun, ada cerita tidak mengenakkan di balik hal ini.

Kiko Mizuhara SHISEIDO

Ketika pemotretan, ada sekitar 20 petinggi SHISEIDO yang datang untuk menonton pemotretan tersebut. Kala itu, Kiko mengatakan dia tidak ingin dilihat oleh orang lain yang tidak berkepentingan, apalagi 20 orang. Sayangnya, permintaanya tidak digubris. Mereka malah mengatakan bahwa hal tersebut penting untuk melihat apakah foto yang diambil memenuhi standar atau tidak.

Kiko tidak ingin melanjutkan pemotretan tersebut jika pemotretan berjalan bertolak belakang dengan keinginannya. Namun, pihak SHISEIDO mengatakan kalau ini adalah pekerjaan dan ia tidak boleh menolaknya. Akhirnya, Kiko tetap melaksanakan pemotretan dengan dikelilingi 20 pria tak berkepentingan itu.

Lima tahun setelah kejadian tersebut, Kiko membuka hal tersebut pada publik, namun sayangnya, hal tersebut tidak terlalu in pada saat itu, Bahkan, ketika cerita Kiko tersebar ke online community Girls Channel, masih ada komentar tidak mengenakkan yang menyalahkan Kiko. Namun, cukup banyak juga komentar yang menyalahkan SHISEIDO seperti komentar berikut:

Aku berharap SHISEIDO musnah saja dari negara ini

Model bukan sebuah benda, wanita bukan sexual tools pemuas nafsu!

Mengerikan. Bukankah seharusnya lebih banyak staff perempuan dalam pemotretan seperti itu? .

Kiko Mizuhara SHISEIDO

Lantas, mengapa kasus ini kembali in? Ternyata, ada seorang pengguna media social twitter, @phie_hardison yang menyatakan dia akan berhenti membeli produk SHISEIDO karena hal yang terjadi pada Kiko. Beruntungnya, lewat cuitan yang telah meraih likes ini, banyak orang yang mendukung Kiko Mizuhara dan memutuskan untuk menghentikan pembelian produk SHISEIDO.

Kembali ke kasus pelecehan yang dialami Kiko Mizuhara, SHISEIDO sebenarnya merespon kasus tersebut. Namun, mereka hanya mengatakan akan mengadakan investigasi internal. Setelah investigasi tersebut selesai, mereka tidak mampu mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut.