SHARE THIS ARTICLE

Yano Research Institute telah melakukan survei terhadap lebih dari 10.000 pria dan wanita berusia antara 15-69 tahun yang tinggal di Jepang dalam suatu upaya untuk lebih memahami pasar otaku yang berkembang.

Image: warosu.org
Image: warosu.org

Ketika ditanya “Apakah Anda menganggap diri Anda seorang otaku, atau membuat orang lain menyebut Anda sebagai otaku?” 23% dari para responden menjawab “ya.” Dari orang-orang tersebut, 67% melaporkan bahwa mereka belum menikah.

Pasar yang paling cepat berkembang termasuk pasar “idola”, yang termasuk berbagai grup seperti AKB48 dan Momoiro Clover Z, dengan peningkatan sebesar 19,9% dalam penjualan. Penjualan perangkat lunak dan merchandise Vocaloid meningkat sebesar 19,2%. Penjualan pistol mainan, termasuk airsoft gun dan berbagai senjata model, tumbuh sebesar 23,1%. Penjualan simulasi kencan tumbuh sebesar 10,2%, sedangkan penjualan game dewasa mengalami penurunan sebesar 5,1%. Kategori konsumsi lainnya tumbuh lebih sederhana, dengan penjualan doujinshi, figure, dan cosplay tumbuh antara 1 hingga 2,2%.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT