Share on

Dibangun sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu, Kuil Yamadera adalah salah satu tempat di Jepang yang sangat terkenal sebagai salah satu titik foto yang sangat ikonik dan wajib untuk dikunjungi di area Tohoku.

Yamadera, Kuil Gunung Ikonik di Yamagata
(Photo by Geomr | CC BY-SA 3.0)

"Yamadera" atau kuil gunung yang berada di Prefektur Yamagata ini paling cocok untuk dikunjungi ketika sedang musim dingin, dimana pemandangan sekitar ditutupi sucinya warna putih salju, ataupun ketika musim semi, ketika tanaman sekitar sedang memancarkan warna cerah alami yang berwarna-warni. Meskipun begitu, pada musim apapun kalian berkunjung ke kuil ini, lokasi ini akan terus menjadi mimpi banyak fotografer untuk mengambil foto indah yang ikonik yang dapat kalian dapatkan disini.

Yamadera, Kuil Gunung Ikonik di Yamagata
(gambar : donnykimball)

Kuil yang ada di puncak ini hanya memakan waktu berjalan selama 35 menit dari stasiun kereta Yamadera. 5 menit perjalanan dari stasiun ke bagian dasar kuil, dan sekitar 20-30 menit untuk menaiki sekitar 1.000 anak tangga. Menaiki anak tangga ini bukanlah sesuatu yang sulit, karena kalian juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang indah, kuil-kuil mini serta patung-patung yang bagus sepanjang perjalanan kalian menuju Kuil Yamadera yang ada di puncaknya.

Yamadera, Kuil Gunung Ikonik di Yamagata
(gambar: japan-guide)

Sepanjang jalan, kalian akan menemukan banyak kuil serta landmark seperti tembok batu Mida Hora dan juga Gerbang Niomon. Tidak jauh dari Gerbang Niomon, kalian akan menemukan Kaisando Hall dan Nokyodo Hall, sebuah area yang didedikasikan untuk Jikaku Daishi, sang penemu dan pendiri Kuil Yamadera.

Yamadera, Kuil Gunung Ikonik di Yamagata
(gambar: japan-guide)

Begitu kalian tiba di Kuil Yamadera, yang berada di tebing yang cukup curam di Gunung Hoshu, kalian dapat melihat pemandangan Sungai Tachiya yang sangat menakjubkan, serta bukit-bukit dan pedesaan yang ada di sekitarnya yang juga tidak kalah indah.

Kalian juga bisa mengambil jalan yang ada di sebelah kanan Kaisando Hall, yang akan membawa kalian ke Godaido, sebuah dek observatori dimana kalian dapat melihat pemandangan Yamagata yang indah dari tepi tebing.

Yamadera, Kuil Gunung Ikonik di Yamagata
Yamagata dilihat dari observatori Godaido (gambar: gaijinpot)

Setelah kalian puas berfoto dan melihat-lihat pemandangan indah tersebut, jangan lupa untuk mampir ke kedai es krim yang ada di jalan menuju rel kereta. Jalanan yang diisi dengan berbagai macam pedagang oleh-oleh dan suvenir ini menyediakan kedai es krim dengan rasa-rasa yang unik, cocok sekali sebagai pelepas dahaga setelah capek menaiki dan menuruni tangga menuju Kuil Yamadera.

Yamadera Alamat: Yamagata-ken, Yamagata-shi, Yamadera 4495-15 Jam operasional : 08.00 - 17.00 Tiket: 300 yen Website  

Featured image: donnykimball Sumber: gaijinpot