Share on

Ohara Museum of Art merupakan museum seni barat  tertua di Jepang. Dibuka tahun 1930, dulunya tempat ini merupakan museum pribadi Magosaburo Ohara untuk mengenang temannya yang bernama Torajiro Kojima, yang meninggal setahun sebelum museum ini didirikan. Torajiro adalah seorang seniman yang pergi ke Barat dan membeli karya-karya seniman terkenal untuk koleksi Magosaburo.

Berada di prefektur Okayama, tepatnya di Kurashiki yang terkenal dengan kanal kunonya, museum seni ini terdiri dari tiga bangunan yang saling berdekatan dan satu bangunan terpisah yang berada di Ivy Square.

Main Gallery

Ohara Museum of Art: Museum Barat Pertama di Jepang
(gambar: japan-guide)

Main Gallery adalah bangunan pertama yang dibangun. Tampilan depan bangunan yang bergaya Yunani kuno dengan pilar iconic sedikit mewakilkan isi galerinya yang kebaratan. Pengunjung dapat melihat lukisan serta pahatan seniman Prancis, Belanda, Belgia, dan Italia dari abad ke-17 sampai awal abad ke-20. Diantaranya ialah Picasso, Cezanne, Gauguin, Monet, Walhol, dan masih banyak lagi.

Annex

Ohara Museum of Art: Museum Barat Pertama di Jepang
(gambar: japan-guide)

Annex berada di belakang Main Galery dan berisi karya seniman Jepang. Ada lukisan buatan Shigeru Aoki, Ryuseo Kishida, Shouji Sekine, maupun pahatan buatan Kotaro Takamura dan Morie Ogihara. Berbeda dengan bagian dalam, di luar Annex terdapat halaman rumput tempat berdiri dua patung buatan Rodin dari Prancis dan Henry Moore dari Inggris.

Gedung Craft Art Gallery dan Asian Art Gallery

Ohara Museum of Art: Museum Barat Pertama di Jepang
(gambar: japanvisitor)

Bangunan yang berdekatan dengan Main Gallery dan Annex ini dulunya adalah lumbung padi tua. Setelah direnovasi, ada dua galeri di tempat ini yaitu, Craft Art Gallery dan Asian Art Gallery. Di Craft Art Gallery pengunjung bisa melihat kerajinan tangan seperti keramik dan cetak blok kayu. Di Asian Art Gallery terdapat barang antik dan artefak dari Mesir dan China.

Kojima Torajiro Memorial Hall

Ohara Museum of Art: Museum Barat Pertama di Jepang
(gambar: chushikokuandtokyo)

Masih menjadi kesatuan dengan museum Ohara, tempat ini terletak di Ivy Square, sebuah komplek dengan bangunan bata yang dibuat tahun 1889. Bagi pengunjung museum Ohara yang ingin masuk ke sini tidak perlu membayar lebih karena biaya tiket masuk sudah termasuk tempat ini. Karya yang ditampilkan di bangunan ini adalah lukisan dari Torajiro Kojima yang memiliki aliran seni impresionisme.

Museum juga memiliki toko yang menjual replika dan kartu pos dari karya yang dikoleksi. Biaya masuk 1.300 yen untuk orang dewasa, 800 yen untuk mahasiswa, dan 500 yen untuk pelajar. Tempat ini buka dari pukul 09:00 - 17:00. Libur di hari Senin (tetap buka jika hari libur) dan tanggal 28 - 31 Desember.

Dapat ditempuh dengan berjalan 15 menit dari stasiun Kurashiki.

Ohara Museum of Art Alamat: 1-1-15 Chuo, Kurashiki, Okayama Website  

Featured image: okayama-kanko Sources & images: japanvisitor, japan-guide