Share on

Minobusan Kuonji adalah kuil Buddha yang didirikan oleh Nichiren Shonin (1222-1282), pendiri ajaran Nichiren Shu dalam Buddha. Kuil ini juga menjadi kuil utama dari aliran ini dan menjadi lokasi dimakamkannya Nichiren Shonin, sehingga membuat kuil ini menjadi yang paling dihormati oleh para pengikut ajaran Nichiren Shu.

Minobusan Kuonji, Kuil Buddha Yang Paling Dihormati Aliran Nichiren
Pintu gerbang utama menuju kuil © Yamanashi Tourism Organization

Kuil ini terletak di Gunung Minobu (Minobusan), gunung suci yang terletak di provinsi Kai yang sekarang bernama Prefektur Yamanashi. Pada waktu itu salah seorang pejabat daerah tersebut Nambu Sanenaga mengundang Nichiren untuk tinggal setelah ia meninggalkan Kamakura. Nichiren tiba di Minobusan pada tahun 1274, dan ia kemudian tinggal dalam pertapaannya yang dibangun dengan bantuan Nambu.

Minobusan Kuonji, Kuil Buddha Yang Paling Dihormati Aliran Nichiren
Lukisan Nichiren yang dibuat abad ke 14-15 (gambar: wiki)

Nichiren menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Minobusan, namun untuk perawatan medis dan keinginannya untuk berkunjung ke makam orang tuanya ia meninggalkan Minobusan menuju Hitachi no Kuni yang sekarang disebut Prefektur Ibaraki. Nichiren wafat pada usia 61 di Musashi yang sekarang bernama Tokyo. Dan dalam wasiatnya, ia ingin makamnya dibangun di Minobusan, sehingga tempat ini menjadi rumah bagi Nichiren.

Minobusan Kuonji, Kuil Buddha Yang Paling Dihormati Aliran Nichiren
Pagoda lima tingkat © 2019 Yamanashi tour guide in Japan Mt.fuji and ideal place.

Salah satu yang terkenal dari Gunung Minobu adalah ‘287 anak tangga menuju pencerahan’ yang dikenal sebagai bodai-tei. Dan setelah menaiki tangga tersebut akan terlihat pagoda 5 tingkat berwarna merah dari Kuil Minobusan Kuonji.

Kuil Minobusan Kuonji menarik perhatian banyak wisatawan baik karena sejarahnya maupun karena keindahan alaminya, seperti pohon sakura berusia 400 tahun yang menjadi favorit untuk pecinta hanami (tradisi menikmati keindahan bunga). Dan memang kebanyakan para pengunjung datang kesini pada musim bunga mekar sekitar pertengahan April untuk melihat pohon sakura 400 tahun yang terletak di depan kuil utama tersebut.

Selain kuil, di area ini juga terdapat setidaknya 20 penginapan kuil untuk para wisatawan. Penginapan-penginapan tersebut merupakan bagian dari banyaknya kuil yang berada di Gunung Minobu. Salah satunya adalah penginapan Kuil Shukubo Kakurinbo yang merupakan bagian dari Kuil Gyogakuin Kakurinbo yang dikenal mengakomodasi turis yang tidak berbahasa Jepang.

Setiap pagi kuil ini juga mengadakan upacara doa yang bisa diikuti oleh para pengunjung tanpa biaya dan tidak harus reservasi terlebih dahulu.

Minobusan Kuonji Alamat: 3567 Minobu, Minobu-cho, Minamikoma-gun, Yamanashi-ken Website

Featured image: JNTO