Share on

Kanazawa yang terletak di Prefektur Ishikawa terkenal akan keindahan Taman Kenroku dan Kastil bernuansa historis. Namun bila anda mempunyai ketertarikan terhadap seni kontemporer, anda dapat mengunjungi sebuah museum seni di Kanazawa bernama '21st Century Museum of Contemporary Art Kanazawa' yang untungnya dekat dengan 2 destinasi wisata tersebut.

Advertise With Us

Museum ini dibangun pada tahun 2004 dan didesain oleh 2 arsitek, Ryue Nishizawa dan Kazuyo Sejima. Bangunannya yang memiliki bentuk bundar dan berdinding kaca mempunyai unsur nilai modernis yang tidak kalah indahnya dengan pameran yang ada di dalamnya.

Menikmati Museum Seni Kontemporer di Kanazawa
(gambar: visitkanazawa)

Terdapat 13 pameran berisi lukisan dan karya seni tiga dimensi yang menarik banyak pengunjung sehingga tempat ini tidak pernah sepi. Salah satu karya terpopuler disini adalah “Swimming Pool” karya Leandro Elrich. Pengunjung tidak dapat berenang di kolam dengan lebar 4 meter dan panjang 7 meter ini. Alih-alih berisi air, di dasar kolam sebenarnya adalah sebuah ruangan lain yang dapat dimasuki bila anda membayar 360 yen. Kalau anda lihat dari permukaan kolam, maka tampak berbagai orang berjalan dengan busana lengkap di bawah anda seperti berada di dalam air.

Menikmati Museum Seni Kontemporer di Kanazawa
Swimming Pool (Gambar: japantravel)
Menikmati Museum Seni Kontemporer di Kanazawa
(Gambar: marchouliston)

Tidak hanya menyediakan pameran saja untuk dikunjungi. Dalam museum ini terdapat perpustakaan, aula seminar, tempat workshop dan studio untuk anak-anak, kafe, serta toko untuk membeli suvenir museum.

Menikmati Museum Seni Kontemporer di Kanazawa
(Gambar: official website)
Menikmati Museum Seni Kontemporer di Kanazawa
(Gambar: daijirom)

Untuk memudahkan pengunjung, museum ini juga mempunyai fasilitas seperti kursi roda, kereta untuk bayi, loker koin serta buku panduan dengan beberapa bahasa asing. Jam buka pameran museum ini yaitu pukul 9 pagi sampai 6 sore, atau hingga pukul 8 malam pada hari Jumat dan Sabtu, dan tutup pada hari Senin.

Alamat: 1-2-1 Hirosaka, Kanazawa City, Ishikawa, Japan 920-8509 Informasi lebih lanjut bisa dilihat di melalui website resminya.   Featured image: tabi-mag Sourcejapan-guide, matcha