Share on

Ken Domon Museum of Photography (土門拳記念館, Domon Ken Kinenkan), merupakan museum fotografi pertama Jepang yang didirikan pada 10 Oktober 1983 di Sakata dan menyimpan kurang lebih 70.000 foto dari fotografer Jepang di abad ke-20, Ken Domon.

Advertise With Us

Ken Domon adalah fotografer yang dikenal sebagai jurnalis foto di masa pasca Perang Dunia II dengan hasil jepretan yang realistis. Fotografer kelahiran 1909 ini mengabadikan peristiwa serta kehidupan sehari-hari yang ada dalam periode Showa, baik orang terkenal, rakyat biasa, serta kuil dan patung Buddha melalui kameranya. Sebelum tutup usia di usia 80 tahun, ia menyumbangkan foto-foto miliknya di kota kelahirannya, Sakata, prefektur Yamagata.

ken domon ken domon

Terletak di Iimoriyama Park, museum ini berada 4 kilometer di sebelah Selatan pusat kota. Museum fotografi ini didesain oleh Yoshio Taniguchi, arsitek yang mendesain ulang museum seni modern di kota New York. Ia mencoba menciptakan keseimbangan antara bangunan museum dengan lingkungan alam sekitarnya untuk mendukung berbagai foto yang memiliki nilai seni dan historis.

ken domon museum

Museum dibagi menjadi tiga bagian. Dua bagian merupakan pameran dari koleksi Domon yang berganti tiap musimnya dengan sebuah tema tertentu, dan satu bagian lagi merupakan pameran dari fotografer lain yang memiliki hubungan dengannya. Kalian bisa mengagumi karyanya dengan membayar tiket masuk museum seharga 430 yen.

Teman-teman seniman dari sang fotografer turut memberi sumbangan untuk museum ini. Yusaku Kamekura seorang desainer grafis membuatkan plakat yang disimpan di depan museum, Isamu Noguchi membuat sebuah pahatan yang disebut ‘Domon’ di halaman museum, Hiroshi Teshigawara dari sekolah ikebana Sogetsu membuat desain taman, dan batu bertuliskan ‘Kenko’ dibuat oleh Shinpei Kusano.

Ken Domon Museum of Photography Jam buka: 09:00 – 17:00 Alamat: 2 Chome-13 Iimoriyama, Sakata, Yamagata  

All Images: domonken-kinenkan Sources: japan-guide, domonken-kinenkan