Share on

Jepang memang jagonya menggabungkan sesuatu yang tradisonal dengan hal lain yang lebih modern dan populer. Misalnya kue tradisonal wagashi yang berbentuk salah satu karakter anime, atau chirashizushi (makanan khas Hina Matsuri) dengan karakter Mickey Mouse. Nah, selain makanan tradisional, ada lagi lho yang sering dikolaborasikan dengan sesuatu yang populer, yaitu Ukiyo-e! Ukiyo-e memang sering dikolaborasikan dengan hal populer, seperti Ukiyo-e Hatsune Miku yang dirilis pada tahun 2016. Nah, baru-baru ini, ada seorang seniman Jepang berbakat yang ikut menggabungkan ukiyo-e dengan para Disney Princess dan Sailor Moon. Penasaran?

Sebelumnya, apa sih Ukiyo-e itu? Ukiyo-e merupakan sebuah genre seni Jepang yang berkembang pada abad ke-17 hingga abad ke-19. Para seniman yang menganut aliran ini biasanya akan membuat lukisan atau woodblock prints dengan berbagai subjek, seperti kecantikan wanita, actor kabuki, pesumo, scene dari sebuah legenda, bahkan gambar-gambar yang sedikit erotis. Salah satu seniman ukiyo-e paling terkenal di Jepang adalah Katsushika Hokusai.

Nah, kembali ke ukiyo-e Disney Princess dan Sailor Moon, siapakah seniman dibalik kolaborasi menakjubkan ini? Ternyata, nama sang seniman adalah Ono Tako. Karya-karyanya itu dia unggah melalui akun Twitternya, @ono800.

Nah, seri karya indah Ono Tako ini berjudul "" (seiyou otogizoshi, atau "Western Fairy Tales). Dalam seri ini, Ono membuat berbagai gambar menawan dengan karakter dari seri Disneym Snow White, Cinderella, The Little Mermaid, dan Frozen. Ia juga menambahkan bonus lho, berupa ukiyo-e dengan gambar Sailor Moon.

Nah, penasaran dengan karyanya? Mari kita cek!

Snow White

Cantiknya Disney Princess dan Sailor Moon versi Ukiyo-e!
Ukiyo-e versi Disney Princess (twitter: @ono800)

Model pertama da;am seri ini adalah si cantik Snow White alias Putri Salju. Dalam gambarnya itu, Ono menggambarkan Snow White yang memakai kimono cantik dengan padanan warna sama seperti yang digunakan oleh Snow White versi Disney, kuning, merah, dan biru.

Cinderella

Cantiknya Disney Princess dan Sailor Moon versi Ukiyo-e!
Cinderella (twitter: @ono800)

Berikutnya, ada Cinderella. Terlihat dairi gambarnya yang sangat memoerhatikan detail, Cinderella terlihat benar-benar seperti seorang karakter dalam legenda Jepang!

Anna, Elsa, dan Olaf

Cantiknya Disney Princess dan Sailor Moon versi Ukiyo-e!
Anna dan Elsa (twitter: @ono800)
Cantiknya Disney Princess dan Sailor Moon versi Ukiyo-e!
Olaf (twitter: @ono800)

Ono juga membuat para putri dari negeri salju, Anna dan Elsa dengan kimono cantik. Ada Olaf juga lho.

Ariel

Cantiknya Disney Princess dan Sailor Moon versi Ukiyo-e!
Ariel (twitter: ono800)

Putri duyung cantik ini juga tidak ketinggalan. Ono menggambarnya dengan kimono dan selendang berwarna putih. Cantik!

Sailor Moon

Cantiknya Disney Princess dan Sailor Moon versi Ukiyo-e!
Sailor Moon versi Ukiyo-e (twitter: @ono800)

Nah, bonus dari Ono ini sedikit berbeda. Jika para Disney Princess dibuat menggunakan kimono, Sailor Moon digambar dengan kostum aslinya. Meskipun begitu, ukiyo-e karya Ono tetap cantik dan tidak mengurangi keindahannya.

Penasaran dengan karya Ono Tako yang lain? Follow saja twitternya, @ono800.