SHARE THIS ARTICLE

vocapost-indonesia

Hai, Minna!

Kalian pasti ga asing lagi dengan Vocaloid ya? Vocaloid itu bukan manga, apalagi Anime..

Vocaloid itu vocal synthesizer yang bisa menghasilkan suara hampir mirip suara manusia. Suara vocal ini bisa dikreasikan dengan menambahkan suara music, sehingga bisa menjadi lagu yang menyenangkan. Kepopuleran vocaloid ini ga cuma ada di belahan lain dunia lho.. di Indonesia, kita punya satu komunitas yang mempersatukan para pecinta vocaloid. Sebut saja Vocapost (www.vocapost.net)

vocapost-indonesia
Gathering VP di HelloFest 8

Komunitas yang satu ini merupakan kumpulan dari teman-teman yang penuh kreasi.  Bukan cuma pengguna vocaloid aja, tapi juga para musisi, para pembuat lirik, illustrator, animator, utaite (penyanyi), odorite (penari) atau hanya sekedar fans vocaloid, semua bergabung dan bersatu padu disini. Komunitas ini merupakan sarana untuk memacu kreatifitas, juga membuat sebuah kolaborasi interaktif melalui berbagai proyek yang mereka gagas sendiri dengan satu tema besar yaitu vocaloid. Walaupun vocapost ini komunitas “asal” Indonesia, jangan salah, vocapost ini membernya tersebar di seluruh bagian dunia juga lho, ada yang di Jepang, Qatar, Belanda, Singapur, dan Malaysia.

vocapost-indonesia-dannychoo
Vocalo.ID & Danny Choo @ AFA 2012

Berada di dunia maya, ga membuat vocapost cuma jadi komunitas yang gitu-gitu aja. Buktinya di pertengahan tahun 2011 kemarin, teman-teman Vocapost berhasil menelurkan sebuah album yang diberi judul vocalo.id 1. Album ini berisi 12 lagu yang menggunakan vocaloid sebagai suara vocalnya, dan uniknya, vocaloid ini pun ternyata bisa dipakai untuk menyanyikan lagu berbahasa Indonesia.

Kesuksesan album perdana dari teman-teman vocapost ini ternyata mengundang perhatian dari negeri asal vocaloid, Jepang.  Atas jerih payahnya, teman-teman vocapost diberi mandat oleh karenT, sebuah label khusus produser vocaloid di Jepang dan merupakan badan usaha milik Crypton Future Media Inc., untuk terus berkarya. Alhasil album perdana mereka telah dipasarkan secara global, lewat label ini di toko-toko musik online seperti iTunes, AmazonMP3, HearJapan dan lainnya.

vocapost-indonesia-cd
CD Vocalo.ID 1

Kreatifitas teman-teman vocapost tak berhenti sampai disitu saja. Sebenarnya, selain album perdana yang rilis di label Jepang tersebut, masih ada pula album-album kompilasi yang dirilis gratis di internet. Diantaranya Merah Putih Vocaloid ~ MPV (Agustus 2011) dan vocalo.id 2 (Mei 2012). Tiap produser sendiri juga mengeluarkan single ataupun mini album yang berkolaborasi dengan produser vocaloid di vocapost lainnya.

Ah, cuma produser yang dapat spot di vocapost? Tidak! Utaite dan Illustrator pun punya karya. Para penyanyi di vocapost selalu punya ide untuk melakukan kolaborasi, entah itu menyanyi bersama, ataupun mengadakan kompetisi setiap bulan, supaya tiap penyanyi bisa improving. Bahkan sebentar lagi akan dirilis album khusus utaite yaitu V.o.V (Voice of Vocalo.id), nah album ini khusus bagi para utaite yang telah terpilih untuk menyanyikan lagu-lagu yang telah ada di album vocalo.id 1. Illustrator pun ga ketinggalan dengan aksinya. Dipastikan akhir tahun ini, kita bisa melihat karya-karya kreatif dari illustrator vocapost melalui artbooknya.

Seru kan? Temen-temen vocapost ini ga cuma ketemu di online aja lho, kalau ada event, biasanya mereka suka kumpul dan mempromosikan komunitasnya, oh.. dan jika diundang, mereka juga mau memberikan workshop mengenai vocaloid.

Penasaran kan gimana dengan keseruan temen-temen vocapost yang kreatif ini?
Yuk gabung di www.vocapost.net 
Facebook: http://www.facebook.com/VOCALO.IDalbum  
atau di twitter kami: @VOCALO_ID

COMMENT