SHARE THIS ARTICLE

Chirashizushi, hidangan 'sushi berantakan' khas Jepang

Chirashizushi adalah hidangan yang terbuat dari nasi sushi yang disajikan dengan topping bervariasi yang disajikan di atas piring dan merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang. Chirashizushi biasa dihadirkan di perayaan khusus seperti hina matsuri yang dirayakan setiap tanggal 3 Maret. Chirashizushi sendiri dalam bahasa Jepang berarti ‘sushi yang berantakan’. Mau coba membuatnya? Yuk kita lihat resep dan cara pembuatannya di bawah ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan:

Untuk nasi:
20 gram jamur shiitake kering (~ 3 jamur besar)
2 blok koyadofu (tofu kering beku)
100 gram akar teratai
2 sendok teh minyak
75 gram wortel (~ 1 wortel, dipotong memanjang kemudian iris tipis)
150 gram mie shirataki (cincang halus)
1 cangkir kaldu sayur
1/2 cangkir sake (bisa diganti bahan lain sesuai selera)
1 sendok makan gula
1/2 sendok soy sauce
1/2 sendok teh garam
1 angkatan nasi sushi
1 1/2 sendok makan polos biji wijen panggang

Untuk topping:
100 gram kacang polong
200 g paprika merah dipanggang
200 g paprika kuning dipanggang
1 sendok teh gula
1/4 sendok teh garam Beni Shoga (acar jahe merah)

Cara pembuatan:

Masukan jamur shiitake dalam mangkuk dan tambahkan 1 1/2 cangkir air mendidih. Biarkan selama 30 menit. Peras cairan dari jamur, (simpan cairan perasannya untuk nanti) sisihkan dan buang batangnya, kemudian potong menjadi kotak-kotak tipis.

Masukan koyadofu dalam mangkuk berisi air selama 30 menit. Buang sisa airnya, kemudian iris-iris menjadi kotak-kotak tipis kecil. Sambil menunggu bahan-bahan menjadi kering, panggang paprika. Setelah memanggang dan mengupasnya, iris paprika menjadi lembaran sepanjang 2 inci.

Untuk membuat bumbu campurkan 1 sendok teh gula dengan 1/4 sendok teh garam dan taburi pada paprika, aduk-aduk agar merata. Untuk kacang polong, sediakan panci berisi air mendidih. Siapkan mangkuk besar berisi air es dan potong serat dari atas dan sisi kacang polong. Ketika air mendidih, masukkan kacang polong dan rebus selama 30 detik. Tiriskan dan segera celupkan ke dalam air es. Tiriskan kacang polong dan iris tipis-tipis menjadi lembaran panjang.

Siapkan mangkuk air dengan satu sendok teh jus lemon atau cuka di dalamnya. Kupas akar teratai dan potong menjadi 1/4 inci, letakkan dalam air yang telah diasamkan agar menjaga dari perubahan warna. Tiriskan sebelum menumisnya dengan sayuran lainnya.

Berikutnya, mulai dari nasi sushi. Setelah jamur shiitake dan koyadofu yang dikeringkan telah siap, tambahkan minyak ke wajan di atas api sedang. Tumis wortel selama 1 menit. Tambahkan jamur shiitake, koyadofu, akar teratai, dan mie shirataki dan terus tumis selama satu menit atau lebih. Tambahkan kaldu sayur, sake, gula dan kecap ke dalam panci dan didihkan. Masak sampai semua cairan hilang dan wortel menjadi lunak (sekitar 10 menit). Tuang campuran ke saringan dan biarkan cairan yang tersisa mengering saat menyiapkan bahan lainnya. Tambahkan sayuran yang telah direbus bersama dengan biji wijen panggang dengan nasi sushi yang telah siap.

Kalian dapat menyajikannya di piring/mangkuk besar dengan paprika yang telah diasinkan, kacang polong dan beni shoga yang ditaburkan di atasnya, atau dapat disajikan di piring-piring kecil dan letakkan sayuran di atasnya. Itadakimasu!

Source : japanbullet.com
COMMENT