SHARE THIS ARTICLE

Bagi sebagian orang, musim penghujan merupakan puncak mewabahnya penyakit flu. Jika Anda juga mengalaminya, coba atasi flu dengan mengonsumsi acar lobak. Sebuah penelitian menemukan bahwa bakteri lactobacillus dalam acar lobak atau dalam bahasa lokal disebut Suguki, mampu melawan virus flu.

yourhomewizards.com
image: yourhomewizards.com

Bakteri ini bahkan diperkirakan bisa mencega strain virus flu seperti H1N1 dan virus flu burung mematikan H7N9 yang baru-baru ini muncul di China.

Para ahli melakukan penelitiannya pada minuman probiotik dengan ekstrak acar lobak. Minuman berisi strain bakteri KB290 itu kini sejang diuji klinis pada manusia, setelah sebelumnya berhasil diujikan pada tikus.

Naoko Waki, wakil dari perusahaan makanan Jepang Kagome yang melakukan studi mengatakan: “Penelitian kami menunjukkan bahwa ketika strain tertentu lactobacillus brevis dimakan oleh tikus, ia melindungi tikus terhadap infeksi virus influenza,” katanya seperti dikutip Mail Online.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Letters in Applied Microbiology memuat bahwa lapisan gula exopolysaccharides yang menjaga bakteri dari asam lambung bisa jadi kuncinya. “Kami tahu bahwa exopolysaccharides memiliki efek meningkatkan kekebalan pada bakteri serupa, jadi kami bertanya-tanya apakah exopolysaccharides dari KB290 bertanggung jawab atas dampak yang kita lihat.”

Dalam ujicoba pada tikus, bakteri menyebabkan sistem kekebalan tikus meningkat, sehingga memproduksi antibodi flu lebih banyak.

Tahun lalu, ilmuwan menemukan ada vaksin flu baru yang melindungi dari semua strain virus. Vaksin flu tersebut baru akan tersedia dalam lima tahun.

COMMENT