SHARE THIS ARTICLE
Makan sup miso Jepang langsung dari mangkuk (Foto:Vegrerecipes)
Makan sup miso Jepang langsung dari mangkuk (Foto:Vegrerecipes)

Dalam tradisi Jepang, ada tata cara khusus yang harus dilakukan dalam menyantap makanan. Salah satunya yaitu ketika menyantap sup ala Jepang.

Di Jepang, cara makan menunjukkan etika yang baik dan sopan. Banyak sajian makanan Jepang yang memiliki cara dan etika makannya masing-masing, tergantung jenis makannya tersebut.

Kepada Okezone, Fatma Bahalwan menjelaskan melalui surat elektronik, cara dan etika makan ala jepang saat menyantap sup. Misalnya, menikmati semangkuk sup miso hangat, yang benar adalah tidak menggunakan sendok, melainkan meminumnya langsung dari mulut mangkuk. Sebelum menyeruputnya, gunakan sumpit untuk mengaduk sup.

Setelah digunakan untuk mengaduk sup, letakkan kembali sumpit pada sandarannya. Lalu angkat mangkuk dengan kedua tangan dengan posisi tangan tidak menyentuh meja. Seruput kuah sup perlahan-lahan. Setelah kuah sup habis, gunakan kembali sumpit untuk mengambil isian dari supnya.

Mengangkat dan mendekatkan wadah makanan ke arah mulut berlaku untuk semua jenis makanan yang disajikan menggunakan mangkuk. Meski sup miso disajikan di awal, tidak berarti selalu disantap di awal. Bahkan ada yang disantap terakhir.

Karena itu pula mangkuk sup miso dilengkapi dengan penutup, agar kehangatannya tetap terjaga. Saat membuka tutupnya, letakkan tutup mangkuk dalam posisi terlentang di atas meja. maksudnya agar kebersihannya tetap terjaga jika sup tidak dihabiskan sekaligus.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT