SHARE THIS ARTICLE

Jepang merupakan salah satu negara dengan transportasi terbaik di dunia. Hal ini juga lah yang menyebabkan para penduduknya lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti kereta sebagai transportasi utama untuk bepergian jarak jauh dan sepeda untuk jarak dekat, yang mereka parkirkan di stasiun. Sementara untuk perjalanan yang lebih jauh seperti antar prefektur, Jepang memiliki transportasi darat yang super cepat bernama Shinkansen. Selain itu, juga ada pilihan lain untuk berpergian, yaitu dengan menggunakan bus malam di Jepang.

Di kelas bisnis dalam bus malam di Jepang yang mewah tersebut, penumpang menempati ruang pribadi yang dilengkapi dengan komputer tablet, listrik dan alat pembersih udara. “Saya bisa tidur dengan baik dan sepenuhnya menggunakan hari ketika saya tiba,” kata seorang penumpang yang menikmati layanan ini.

image: KYODO via japantimes.co.jp

Bus ini menjadi populer di kalangan anak muda dan pebisnis dikarenakan banyak bus berangkat malam sehingga tiba di tujuan mereka di pagi hari. Meskipun dengan tarif lebih mahal daripada tiket pesawat, tarif bus kelas bisnis yang berkisar antara 17.000 yen hingga  20.000 yen ini masih lebih murah dibandingkan Shinkansen, meskipun dengan waktu tempuh yang lebih lama.

Bus malam di Jepang dengan fasilitas mewah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 oleh JR Bus Kanto Co. dan West JR Bus Co. dengan rute Tokyo-Osaka. Kini layanan serupa juga menghubungkan kota-kota besar dan beberapa wilayah di Jepang.

Source : japantimes.co.jp
COMMENT