Berita Jepang | Japanesestation.com

Sistem transportasi umum Tokyo terlihat sangat padat, tetapi transportasi di Jepang justru jadi salah satu yang paling nyaman dan mudah diakses di dunia. Untuk membuktikan hal ini, Tokyo baru saja dinobatkan sebagai sistem transportasi umum terbaik dunia dalam Oliver Wyman Forum tahun ini. 

Dilansir dari Timeout, dalam peringkat indeks transportasi umum, Tokyo menempati posisi ketujuh pada tahun 2022 di bewah Hong Kong (No 1), Zurich (No 2), Stockholm (No 3), Singapura (No 4), Helsinki (No 5) dan Oslo (No 6) ).

Indeks tahunan ini mencakup 60 kota di seluruh dunia dengan data yang diambil dari diskusi dan percakapan dengan para profesional dan pakar terkemuka. Peringkat transportasi umum adalah sub-indeks baru di bawah Indeks Kesiapan Mobilitas Perkotaan, yang didasarkan pada 13 indikator seperti jaringan kereta api, keterjangkauan angkutan umum, kecepatan perjalanan transit dan keragaman moda angkutan umum.

Sistem transportasi umum Tokyo terdiri dari jaringan kereta api besar, kereta pinggiran kota, kereta bawah tanah, bus, trem, dan monorel. Selain itu, terhubung ke jaringan kereta api lain di seluruh negeri, termasuk shinkansen berkecepatan tinggi. Indeks tersebut memuji angkutan umum Tokyo untuk layanan yang sering serta keberangkatan tepat waktu.

Masih banyak lagi transportasi yang akan datang di masa depan. Pemerintah Tokyo baru-baru ini mengumumkan pembangunan jalur kereta bawah tanah baru yang menghubungkan Stasiun Tokyo dengan tepi laut Teluk Tokyo. Jalur baru juga akan dibangun untuk akses langsung antara Bandara Haneda dan Stasiun Tokyo.

Selain itu, Tokyo menempati peringkat ke-15 secara keseluruhan untuk kesiapan mobilitas perkotaan dan ke-11 untuk mobilitas berkelanjutan. Menurut laporan tersebut, mencegah bencana terkait perubahan iklim merupakan tujuan utama dalam rencana keberlanjutan Tokyo. Kota ini juga memiliki rencana untuk meningkatkan sistem jalannya dengan rute bersepeda dan jalan kaki yang lebih baik.