SHARE THIS ARTICLE

IMG_0400

Kalian para penggemar anime, siapa sih yang nggak kenal dengan istilah ‘seiyuu‘? Ya, melihat (mendengar) kiprah para pengisi suara anime kesayangan tak jarang membuat kita para penontonnya juga ingin bisa turut mencoba mengisi suara atau bahkan berkarier menjadi seorang seiyuu atau dubber profesional. Namun, di mana ya tempat belajar hal semacam ini?

IMG_0407

Nah, pada hari Sabtu, 28 November lalu, HOJO Aki no Sora yang berlokasi di Jl. Teuku Angkasa No. 26 menggelar event Seiyuu Workshop 2015, di mana kalian bisa menunjukkan kebolehan kalian me-redub karakter anime favorit masing-masing, sekaligus belajar dari pakarnya langsung, yaitu Hana Bahagiana dan Ian Saybani yang tak lain dan tak bukan adalah dubber Naruto dan Sasuke dari serial anime Naruto yang diputar di tanah air!

IMG_0470

Jam menunjukkan pukul 11:00 ketika Aki no Sora mulai dipadati oleh para pengunjung yang mengantri di meja pendaftaran, dan tak perlu waktu lama untuk melihat antusiasme para penggemar anime, karena ruangan acara segera penuh terisi, hingga para panitia menyediakan kursi-kursi ekstra bagi para peserta yang belum kebagian tempat duduk. Acara dibuka dengan santai dan menyenangkan oleh duo MC Ray dan Ellen, lalu di awal acara, seluruh peserta sudah diajak bersedih-sedih ria sambil menyaksikan episode terakhir AnoHana yang telah di-re-dubbed oleh kelas VAEX generasi ke-3 dalam bahasa Jepang. Tak lupa, beberapa member-nya juga kemudian diwawancarai singkat oleh MC seputar pengalaman menyenangkan mereka belajar dan praktik menjadi seorang dubber, sementara salah satunya mengaku sempat kaget saat mendapatkan anime AnoHana, karena ia lebih biasa me-redub anime bergenre action.

IMG_0403

IMG_0413

IMG_0425

IMG_0415

Menyaksikan showcase para anggota kelas VAEX dan kemampuan berbahasa Jepang mereka yang sugoi, wajar jika rasa penasaran para peserta workshop ini tersulut untuk lebih mengetahui lebih lanjut, apa saja sih kelas-kelas dan pelajaran yang bisa mereka dapat di Aki no Sora? Di sinilah Emi selaku perwakilan dari Aki no Sora menjelaskan bahwa tempat kursus spesial ini mengajak para pesertanya untuk belajar bahasa Jepang secara menyenangkan dengan mengimbangi teori yang diajarkan, dengan praktik yang tak kalah pentingnya.

Salah satu metode yang dipakai untuk membiasakan para pesertanya berbicara dalam bahasa Jepang adalah lewat VAEX, kelas kreatif Aki no Sora yang memanfaatkan kegemaran sebagian besar peserta terhadap anime untuk belajar menjadi seiyuu anime-anime favorit para peserta, seperti Sword Art Online, Kill la Kill, dan AnoHana tadi. Selain mendapatkan kesempatan belajar dan praktik berbahasa Jepang dan menjadi seorang seiyuu yang baik, para peserta kelas ini juga sebenarnya mendapatkan bonus ilmu, lho! Yaitu, teknik berakting yang juga diajarkan di sini, karena dubber dan seiyuu profesional tentu harus  bisa menjiwai para karakter lewat suara mereka, kan?

Selain itu, Aki no Sora juga menyediakan kelas belajar Jepang khusus untuk mencapai tingkat keahlian tertentu, juga kelas Geisha yang lebih berfokus pada pelajaran ‘kaiwa‘ atau percakapan sehari-hari dan berbagai kebudayaan di sana bagi orang-orang yang memang akan belajar atau bahkan tinggal di Jepang agar tidak mengalami culture shock.

IMG_0460

Melanjutkan acara, giliran para peserta kompetisi seiyuu yang akan unjuk gigi! Dari 25 orang peserta yang mendaftar, panitia telah menyeleksi 15 orang terbaik yang akan berkompetisi pada event workshop ini, dengan sejumlah perwakilan Aki no Sora serta Kak Hana dan Kak Ian yang turut duduk di deretan dewan juri. Satu per satu peserta pun maju ke depan untuk me-redub berbagai anime favorit mereka masing-masing, mulai dari Akatsuki no Yona, Owari no Seraph, Lucky Star, sampai Tonari no Totoro. Kehebatan para peserta membuat para penonton tercengang, lho! Karena bahkan ada peserta yang menyuarakan lebih dari 1 karakter sekaligus dalam anime Ansatsu Kyoushitsu, ada yang hapal mati scene-scene Kotori dari Love Live!, dan bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Solo untuk menyuarakan Grell dari Kuroshitsuji: Book of Circus.

IMG_0432

IMG_0446

IMG_0457

IMG_0472

IMG_0440

IMG_0475

Setelah seluruh peserta tampil, giliran para anggota INA Fandub yang menunjukkan kebolehan mereka dalam sesi Live Dub Shingeki no Kyojin, yang kemudian disambung dengan jeda istirahat bagi para peserta untuk bisa menikmati makan siang di kantin yang tersedia. Dengan perut kenyang, akhirnya sesi acara yang sudah ditunggu-tunggu datang juga, yaitu untuk menyaksikan para bintang tamu menjalanin live dub Naruto! Para peserta pun diperdengarkan dengan suara Kak Hana dan Kak Ian yang sudah begitu familiar di telinga sebagai Naruto dan Sasuke, dan bukan hanya menyaksikan kiprah mereka saja, tapi Kak Hana dan Kak Ian juga tidak pelit berbagi ilmu dan pengalaman mereka sebagai dubber profesional pada para peserta yang menaruh minat tinggi terhadap bidang tersebut. Jangan sangka bahwa para peserta kerjanya hanya menonton saja, karena ada 4 orang peserta beruntung yang bisa maju dan mendapatkan pelatihan langsung dari para member VAEX, lengkap dengan kesempatan untuk unjuk gigi di tempat!

IMG_0453

IMG_0445

IMG_0465

IMG_0470

Tibalah juga kita di pengujung acara, yang berarti waktunya untuk mengumumkan para pemenang Seiyuu Contest! Mendapatkan hadiah dan plakat dari Aki no Sora, juara ke-3 jatuh kepada Akbar Tabah P.G, juara ke-2 dianugerahkan bagi Cahaya Septiani Ayu, sementara juara pertama berhasil diraih oleh Nurma Mustika! Selamat kepada para pemenang! Omedetou! Maju terus Aki no Sora dalam menjadi wadah untuk memoles bakat para peminat bahasa dan budaya Jepang di Indonesia~

COMMENT