Share on

Pada tanggal 11 Agustus 2017 lalu, tim Japanese Station mendapatkan undangan untuk menyaksikan pertunjukan teater dengan nama Sotoba Komachi yang bertempat di kampus ISBI Bandung. Pertunjukan teater tersebut adalah ujian akhir para mahasiswa ISBI jurusan teater. Uniknya, pertunjukan teater ini diperankan oleh dua orang, yaitu Shofa Sophiyah dan Riki Dwi Mustopa, dengan pembimbing Rachman Sabur S.Sn M.Sn.

Advertise With Us

Teater Sotoba Komachi ini menceritakan tentang Komachi, seorang nenek berusia 99 tahun yang sedang duduk di bangku taman dan bertemu dengan penyair muda yang sedang mabuk. Penyair tersebut bercerita tentang karirnya, akan tetapi si penyair itu benci dengan keberadaan nenek Komachi karena menakut-nakuti pasangan muda yang menjadi inspirasi sang penyair.

Nenek tersebut mengatakan bahwa karya penyair tersebut tidak realistis yang membuat si penyair itu marah, lalu si penyair menanyakan balik kepada Komachi tentang masa mudanya dulu. Nenek Komachi pada masa mudanya disukai oleh seorang kapten kapal, akan tetapi mereka tidak memiliki hubungan istimewa. Si penyair itu lalu berakting menjadi kapten kapal tersebut dan berdansa di taman.

Setelah mereka berdansa di taman, lambat laun si penyair melihat Komachi menjadi berbeda. Keriput pada raut wajahnya menghilang, bau yang tidak sedap pun menjadi wangi. Tubuh bungkuk nenek Komachi tersebut menjadi seksi, pakaiannya yang lusuh menjadi bagus dan rapi.

Komachi bercerita bahwa setiap orang yang mengatakannya cantik maka ia terkena kutukan dan melarang si penyair untuk mengatakan bahwa dirinya cantik. Namun karena jatuh cinta, penyair itu mengatakan bahwa nenek Komachi itu cantik dan membuat umur si penyair menjadi pendek. Setelah itu si penyair meninggal terkena kutukan yang telah dikatakan oleh nenek Komachi.

Berikut adalah foto-foto dokumentasi teater Sotoba Komachi.

Pertunjukan Teater Sotoba Komachi Yang Membius Penonton
Image: Afrizal
Pertunjukan Teater Sotoba Komachi Yang Membius Penonton
Image: Afrizal
Pertunjukan Teater Sotoba Komachi Yang Membius Penonton
Image: Afrizal

(Featured image: Afrizal)