Belajar Sains Secara Menyenangkan di Museum Sains Nagoya


Museum Sains Nagoya

Jepang terkenal dengan imejnya sebagai negara yang modern dan berteknologi tinggi, serta memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan. Salah satu hal yang menunjukkan hal ini adalah banyaknya museum di Jepang, salah satunya adalah Museum Sains Nagoya yang ada di kota Nagoya, prefektur Aichi.

Pertunjukan yang menggambarkan rasi bintang dalam planetarium di museum ini

Salah satu daya tarik utama museum ini adalah planetariumnya, yang dari luar bangunan nampak sebagai sebuah bola raksasa dengan diameter 35 meter. Di bagian dalamnya sendiri, planetarium ini sangat luas, dan memperlihatkan pemandangan langit berbintang sejauh mata memandang. Planetarium ini sendiri memiliki banyak penggemar, yang sebagian besar disebabkan oleh adanya penjelasan secara langsung selama pertunjukan. Penjelasan ini sendiri tidak mengikuti narasi yang sudah disiapkan, melainkan berbeda-beda tergantung penanggung jawab pada saat itu.

Angin puting beliung buatan yang tercipta oleh mesin khusus di dalam museum

Yang juga menjadi daya tarik museum ini adalah adanya alat percobaan untuk membuat angin puting beliung setinggi 9 meter di dalamnya. Hanya dengan menekan satu tombol saja, pengunjung dapat menyaksikan terjadinya sebuah angin puting beliung. Tidak hanya itu, dalam sehari akan ada 3 kali pertunjukan di mana petugas museum yang berdandan layaknya seorang penyihir melakukan berbagai pertunjukan di dalam pusaran angin puting beliung tersebut, bahkan mengajak penonton untuk merasakan sendiri rasanya berada di tengah pusaran angin puting beliung tersebut.

Salah satu pengunjung merasakan berada di tengah pusaran angin puting beliung buatan.

Untuk para pengunjung yang masih kecil juga dapat menikmati tempat ini. Pada bagian yang disebut “Fushigi no Hiroba,” para pengunjung dapat mencoba sendiri berbagai macam alat peraga dan permainan di dalamnya, dan merasakan sendiri keajaiban dan rasa senang yang muncul karena sains. Contoh alat peraga yang bsia dicoba di tempat ini, misalnya cermin ajaib yang bisa membuat bayangan yang terpantul menjadi kurus atau gemuk, puzzle di mana kita harus menggerakkan tongkat melalui labirin tanpa menyentuh tembok-temboknya, dan banyak sebagainya. Di museum ini bahkan juga ada sebuah laboratorium di mana kita bisa merasakan dinginnya suhu 30 derajat di bawah nol.

Beberapa contoh percobaan dan permainan di “Fushigi no Hiroba”

Museum Sains Nagoya berjarak hanya 5 menit berjalan kaki dari stasiun kereta bawah tanah Fushimi, dan buka setiap hari kecuali hari Jumat ketiga tiap bulan dan hari senin. Tiket masuk ke museum ini sendiri dipatok seharga 800 yen untuk orang dewasa dan 500 yen untuk mahasiswa dan murid SMA. Untuk anak-anak usia SMP ke bawah, tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalam museum ini.

(All images: allabout.jp)

Source : allabout.co.jp

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Belajar Sains Secara Menyenangkan di Museum Sains Nagoya

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini