SHARE THIS ARTICLE

Negara Jepang terkenal dengan sajian sehatnya. Dan sushi menjadi salah satu makanan sehat Jepang yang mendunia. Yap, sajian ikan segar ini tak hanya sehat tapi juga memiliki rasa unik yang banyak digemari.

wallpaperskd.com
wallpaperskd.com

Dalam penyajiannya ikon makanan Jepang ini selalu disajikan dengan wasabi. Pasta pedas yang terbuat dari batang tumbuhan wasabi yang diparut. Biarpun berwarna hijau yang manis, tapi semua orang tahu tingkat kepedasan wasabi bisa membuat perut mulas dan bibir dan lidah langsung memerah.

Seperti dilansir dari RocketNews24, ternyata tak hanya memberikan sensasi pedas pada makanan ada alasan mengapa sushi harus disajikan dengan wasabi. Rasa wasabi yang pedas dengan aroma yang kuat ternyata digunakan untuk mengurangi bau amis yang kuat. Dan juga membuat rasa ikan lebih lezat. Tak hanya itu wasabi juga memiliki manfaat untuk menetralkan ikan.

Wasabi efektif dalam menekan mikroba dan bakteri dalam ikan mentah. Hal ini bertujuan untuk menghidari keracunan atau sakit perut akibat mengkonsumsi ikan mentah. Tak hanya sushi yang disajikan dengan wasabi. Menu pendamping sup miso pun disajikan dengan rumput laut.

Sup miso yang disajikan di restoran Jepang mengandung natrium yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti memicu tekanan darah tinggi. Nutrisi dari dalam rumput laut berguna untuk menetralisir kandungan natrium dalam miso sup.

Yap, ternyata itulah alasan kenapa makanan Jepang selalu disajikan berpasangan. Nah, jadi masih mau menghindari wasabi yang banyak manfaat?

Source : us.dreamersradio.com
COMMENT