Share on

Istri mangaka Yoshihiro Kuroiwa mengumumkan dalam blognya pada hari Rabu ini bahwa Kuroiwa telah meninggal dunia karena serangan jantung pada 8 mei lalu. Keluaranya juga telah mengadakan upacara pemakaman untuknya. Istri Kuroiwa menjelaskan bahwa pengumuman tersebut tidak dilakukan lebih cepat karena terjadinya yang begitu mendadak.

Kuroiwa dikenal dari salah satu karyanya, Kishin Doji Zenki, yang ia buat bekerjasama dengan Kikuhide Tani yang membuat ceritanya. Manga tersebut diserialisasikan di majalah Weekly Shonen Jump milik Shueisha dari tahun 1992 sampai 1996. Manga tersebut juga telah diadaptasi menjadi sebuah anime 51 episode yang diproduksi oleh Studio Deen pada tahun 1995, juga sebuah OVA yang rilis pada tahun 1997.

Kuroiwa juga menggambar manga spin-off Macross Frontier: Cho Jiku Uta-Miko Ranka pada tahun 2008. Ia juga menggambar manga Buddy Spirits yang ceritanya dibuat oleh Miyuki Kishimoto pada 2013-2014.

Belakangan, ia juga meluncurkan manga Otomegami Amaterasu di website Z manga milik Home-sha pada April 2017, dan manga tersebut belum selesai. Manga tersebut terakhir menerbitkan bab 13-nya, dan website tempatnya diserialisasikan tengah mempertimbangkan untuk memperlihatkan bab 14 yang belum selesai beserta ide-ide terakhir Kuroiwa, jika keluarganya mengizinkan.

(Featured image: Anime News Network)