Share on

Pasti tidak terlalu buruk hidup menjadi Koyoharu Gotoge hari ini. Mangaka Kimetsu no Yaiba (Demon Slayer) karyanya telah diserialkan di majalah Weekly Shonen Jump sejak 2016 dan melahirkan adaptasi anime hit tahun lalu, dengan sekuel film layar lebar yang akan dirilis akhir tahun ini. Tanyakan pada para penggemar manga dan anime di seluruh dunia, mereka akan memberi tahu kalian bahwa Kimetsu no Yaiba adalah manga terpanas di luar sana saat ini.

Kimetsu no Yaiba volume 19 (mangaupdates.com)
Kimetsu no Yaiba volume 19 (mangaupdates.com)

Oleh karena itu, sepertinya Gotoge dalam posisi yang relatif baik untuk mengajak para pembaca mendengarkannya ketika dia memberikan beberapa himbauan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona karena Jepang saat ini dalam keadaan darurat nasional:

“Ilustrasi pencegahan virus ada di sini! Dari Gotoge-sensei kepada semua orang, ilustrasi dukungan dari Tanjiro dan teman-temannya telah tiba. Situasi sulit masih berlanjut, tapi tolong tetap menjaga keamanan dengan mengikuti tiga langkah ini: Cuci tangan! Berkumur! Memakai masker!"

Ilustrasi Mangaka Kimetsu no Yaiba tentang Pandemi Coronavirus (soranews24.com)
Ilustrasi Mangaka Kimetsu no Yaiba tentang Pandemi Coronavirus (soranews24.com)

Gelembung percakapan pada ilustrasi Mangaka Kimetsu no Yaiba berbunyi, “Kami tidak akan menangkapnya! Kami tidak akan menyebarkannya!" dan baris teks di bawah trio utama bertuliskan, "Kami tidak akan pernah menyerah pada virus corona!"

Dari kiri ke kanan kita melihat Zenitsu dengan senang hati memegang sebotol sabun, Nezuko yang sedang menyabuni tangannya dengan gelembung-gelembung, sementara saudara lelakinya Tanjiro memastikan bahwa masker di wajah Nezuko telah terikat dengan benar. Hal ini menjadi sangat lucu melihat bambu yang biasa digigit Nezuko digantikan oleh topeng, meskipun itu membuat kita bertanya-tanya betapa mudah untuk menghentikan kebiasaan Nezuko dari menggigit orang. Selain itu banyak pengguna internet yang setuju bahwa bagian yang paling lucu dari rangkaian gambar itu dimana kita juga melihat Inosuke lengkap dengan "topeng" babi hutannya, dengan angkuh menertawakan, "Lihat aku, sempurnakan aku."

Pengguna net yang tergelitik melihat ilustrasi tersebut kemudian berdiskusi di postingan mengenai mekanisme pencegahan dan renungan Covid-19 yang mereka lakukan sendiri terinspirasi oleh mangaka Kimetsu no Yaiba ini:

Masker bertema Iblis Slayer yang dibuat oleh @mama_botukuri

Masker KnY (https://twitter.com/Reyrayreyray)
Masker KnY (https://twitter.com/Reyrayreyray)

Seorang ibu yang membuat gambar serupa dan menggantungnya di pintu masuk rumahnya sebagai pengingat akan efek luar biasa manga ini.

Giyuu dan Shinobu (https://twitter.com/tk0614710)
Giyuu dan Shinobu (https://twitter.com/tk0614710)

Penggemar lain yang secara tidak sengaja menyadari bahwa mereka tidak pernah melihat mulut kepala babi hutan Inosuke terbuka begitu lebar sebelumnya dan terkejut.

Inosuke (https://twitter.com/totoi_kami)
Inosuke (https://twitter.com/totoi_kami)

Seorang barista yang memutuskan bahwa sketsa Gotoge tentang Inosuke begitu mempesona sehingga ia mengubahnya menjadi latte art.

Inosuke Latte Art (https://twitter.com/NaoKi_N_K)
Inosuke Latte Art (https://twitter.com/NaoKi_N_K)

Pengguna internet juga menunjukkan ketertarikan penuh kasih dengan metode pencegahan virus Inosuke dan rasa terima kasih untuk sang mangaka Kimetsu no Yaiba, Gotoge-sensei dalam komentar online mereka:

"Bagus sekali, Inosuke, karena memakai 'topeng'!"

"Huh, jadi Inosuke mengenakan masker selama ini..."

"Jika Inosuke ingin menangkap virus, dia mungkin akan merasa tertekan dan meminta maaf karena lemah."

"Tanjiro sepertinya siap berteriak ‘Social Distancing!‘ Jika Zenitsu terlalu dekat dengan Nezuko."

“Saya sudah berada pada batas kemampuan saya untuk mengisolasi diri, tetapi gambar ini memberi saya kekuatan. Saya akan bertahan di sini sedikit lebih lama. "

Jika semua orang terus mengikuti saran di atas dalam mengurangi penyebaran virus, mudah-mudahan jumlah infeksi baru juga akan terus menurun seperti yang ditunjukkan pada hari Minggu lalu.