Share on

Tokyo Game Show adalah salah satu acara yang menjadi pusat berkumpulnya banyak developer kelas atas dari seluruh dunia, juga para developer baru atau indie untuk mempromosikan game karya mereka. Acara tahunan ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1996, disinilah para developer, pengembang serta distributor game memperkenalkan produk-produk mereka ke masyarakat Jepang dan dunia. Dan Tokyo Game Show akan kembali diadakan pada tahun 2019 ini.

Advertise With Us

Hari pertama dan kedua acara ini merupakan acara tertutup, dimana hanya perusahaan dan awak media yang terpilih saja yang bisa menghadiri acara ini, baru pada hari ketiga dan keempat acara terbuka untuk umum, dan pengunjung dapat menikmati showcase permainan, peralatan, aksesoris, dan perangkat karya developer yang membuka booth di acara ini.

Tema untuk tahun ini juga juga telah diumumkan, temanya adalah "Motto Tsunagaru, Motto Tanoshii" atau yang bisa diartikan "Lebih Menjalin, Lebih Bahagia" dengan harapan bahwa dunia permainan ini akan memberikan rasa kebahagiaan yang tiada hentinya serta pengalaman bermain terbaik yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Tokyo Game Show 2019 akan dibagi dalam beberapa area yaitu:

Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tokyo Game Show 2019
TGS 2018 (Gambar: japan-guide)

General Exhibition, Smartphone Game Corner, e-Sports Area, VR/AR Area, Romance Simulation Game Area, Indie Game Area, Game School Area, dan Merchandise Area.

Sesuai dengan nama areanya, kalian akan mendapatkan jenis dan genre permainan yang berbeda juga di setiap area. Kalian dapat menikmati game-game untuk smartphone di area smartphone, game virtual reality di VR area, dsb.

Sayangnya, apabila kalian ingin mencoba permainan-permainan yang sedang di-showcase oleh developer-developer yang ada disini kalian harus datang sejak pagi dan mengantri walaupun gerbang masuk gedung belum dibuka. Hal ini karena akan ada banyak fans-fans yang sangat mencintai dan ingin mencoba permainan-permainan tersebut, terutama apabila ada showcase permainan baru oleh developer besar seperti Square Enix, Nintendo, ataupun Konami. Antrian baru akan menurun pada siang hari.

Tips: apabila kalian ingin mampir kesini, jangan lupa untuk membawa parfum dan semprotan pengharum lainnya, karena pada bulan September Jepang masih sedang dalam musim panas, dan kondisi desak-desakan dipenuhi orang-orang yang mengantri pasti akan membuat kalian berkeringat.

Apabila mengantri berjam-jam bukan merupakan sesuatu yang kalian sukai, kalian bisa jalan-jalan sambil melihat cosplayer yang ada di seluruh sudut acara ini.

Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tokyo Game Show 2019
Cosplayer Kingdom Hearts TGS 2018 (gambar: soranews24)
Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tokyo Game Show 2019
Gadis Booth Bandai Namco TGS 2018 (gambar: soranews24)

Untuk yang membawa keluarga, bisa juga mampir di area keluarga dan area anak-anak.

Beberapa developer yang akan hadir di Tokyo Game Show 2019 ini seperti :

Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tokyo Game Show 2019
Konami
Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tokyo Game Show 2019
SQUARE ENIX
Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Tokyo Game Show 2019
CAPCOM
tokyo game show mihoyo

dan masih banyak developer-developer lainnya!

Acara ini akan diselenggarakan di Makuhari Messe Hall pada tanggal 12-15 September, dan acara ini pasti dapat membuat kalian makin penasaran dengan permainan-permainan baru yang kalian inginkan.

Tokyo Game Show 2019 Alamat : 2-1, Nakase, Mihama, Chiba-city, Chiba (google maps) Waktu : 12-15 September (14-15 September umum) 10.00 - 17.00 Tiket : 1.500 yen presale / 2.000 yen OTS Website   Feature image: Simon Desmarais under CC sourcejapan-guide, tokyocheapo