Share on

Azur Lane adalah sebuah game smartphone bergenre 'side scrolling shoot-em-up'. Game ini terus naik popularitasnya sejak dirilis pada tahun 2017 silam. Game yang juga mengusung tema 'apabila kapal-kapal perang merupakan gadis-gadis cantik' ini juga memiliki beragam jenis kapal yang diubah menjadi sebuah gijinka atau karakter yang merepresentasikan kapal tersebut.

Advertise With Us

Azur Lane: Crosswave adalah adaptasi 3D dari game untuk smartphone tersebut yang ditujukan untuk pengguna PS4. Game yang sudah diumumkan sejak September tahun lalu ini juga memiliki kualitas grafik, audio, dan gameplay yang jauh lebih berkualitas dan mendetail dibandingkan versi mobile-nya.

Yuk, kita intip akan seperti apa game Azur Lane: Crosswave ini!

Home Screen

Layaknya versi mobile dari game ini, kalian dapat memilih sekretaris atau kapal yang menjadi waifu kalian untuk ditempatkan sebagai karakter utama di home screen game ini.

Story dan Battle Mode

Game Azur Lane: Crosswave ini akan menyediakan beragam jenis mode permainan. Kalian dapat menikmati story mode dimana kalian akan mengikuti jalur cerita game ini layaknya yang ada di smartphone kalian. Nikmati story mode game ini yang dikemas layaknya visual novel yang juga sudah full voiced. Percakapan antar gadis kapal dengan suara yang mereka yang berbeda dapat kalian dengarkan dengan kualitas yang bagus, dan juga mode cerita yang seru.

Layaknya versi mobile, di versi PS4 ini juga akan ada map mode dimana kalian akan diberikan sebuah map untuk mencari item ataupun skenario-skenario khusus yang dapat terjadi ketika kalian melakukan action tertentu.

Battle mode dari versi PS4 inilah yang jauh berbeda daripada versi mobile. Pada game ini, kalian akan dimanjakan dengan animasi serta battle yang full 3D dimana kalian akan mengendalikan gadis kapal pilihan kalian layaknya 'third person shooter'.

Kalian juga bisa mendapatkan sub-quest yang tidak kalah menarik ketika kalian bermain story mode. Kumpulkan 'A-Point' dan item drop sebanyak-banyaknya dari setiap penyelesaian battle dan penyelesaian map.

Episode Mode

Mode ini adalah mode side story, dimana kalian dapat menikmati kisah-kisah mini dari gadis-gadis kapal tertentu. Kisah ini bisa kalian dapatkan setelah memenuhi kondisi tertentu. Ada juga kisah khusus yang bisa kalian baca apabila kalian menggunakan kombinasi tim tertentu yang terdiri dari beberapa gadis-gadis kapal yang spesifik.

Semua kisah di episode mode ini juga sudah fully voiced jadi kalian tidak akan bosan membaca teks cerita, karena kalian juga akan mendengar suara-suara merdu para seiyuu gadis-gadis kapal ini.

Extreme Battle Mode

Mode ini diperuntukkan bagi kalian yang merasa kalau pertarungan di story mode masih terlalu mudah. Kalian dapat mencoba menaklukan berbagai macam skenario pertarungan yang jauh lebih sulit dibandingkan yang akan kalian rasakan di story mode. Beberapa skenario yang ada di mode ini juga baru akan terbuka apabila kalian telah menyelesaikan syarat-syarat tertentu ketika bermain story mode.

Gallery Mode

Nikmati berbagai macam ilustrasi, CG, soundtrack dan event scene ofisial yang dimasukkan kedalam game ini. Apabila kalian tidak sengaja meng-skip sebuah event atau CG, jangan khawatir, tinggal kunjungi mode galeri, dan nikmati event atau CG yang terlewat. Selain itu, kalian juga dapat melihat record kalian dalam bermain game ini. Kalian bisa melihat berbagai macam statistik selama kalian bermain game ini.

Photo Mode

azur lane photo

Inilah mode yang paling ditunggu-tunggu banyak orang! Di mode ini, kalian akan bisa bebas memilih 3 kapal kesukaan kalian yang nantinya bisa ditempatkan di stage favorit kalian. Di mode ini, kalian bebas untuk memfoto ketiga gadis pilihan kalian tersebut dengan pose, gaya, dan angle pemotretan yang bisa kalian atur sesuka hati! Akan ada banyak karakter yang bisa kalian pilih dan bisa kalian foto dari jarak dekat dengan pose yang kalian inginkan! Benar-benar sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh banyak pecinta Azur Lane.

Shop, Laboratory, Dock dan Setting

azur lane shop

Sesuai dengan namanya, mode-mode ini adalah untuk membeli item, blueprint, memilih kapal, dan mengatur pengaturan game.

azur lane laboratory

Kumpulkan 'A-Point' dan item drop sebanyak-banyaknya untuk dapat membeli karakter-karakter baru serta equipment untuk kapal kalian yang disediakan di shop ataupun laboratory.

azur lane dock

Kalian dapat mengatur formasi, tim, dan equipment kapal-kapal kalian di dock. Jangan lupa untuk pakai gear yang paling kuat ya!

azur lane setting

Sementara di setting, kalian dapat memilih setingan seperti apa yang kalian sukai dalam menjalankan game ini. Kalian juga bisa memilih tingkat kesulitan yang bisa kalian naikkan atau turunkan. Perubahan tingkat kesulitan ini tidak akan mengubah jalan cerita, jadi kalian tidak perlu takut untuk menurunkan tingkat kesulitan ke yang paling mudah apabila dirasa terlalu sulit.

Menarik banget ya! Kalian pasti sudah tidak sabar untuk bermain game ini! Ya, saya juga hehe...

Game ini sudah rilis di Jepang pada 29 Agustus 2019 kemarin, dan kalian sudah bisa membelinya di toko online apabila kalian tertarik dengan game ini.

Sayangnya, untuk kalian yang menginkan teks berbahasa Inggris kalian harus bersabar, karena game ini baru akan dirilis untuk barat pada tahun 2020 mendatang.

  Azur Lane: Crosswave  Genre : Third Person Shooter Rating : CERO C (15+) Harga : 7.560 yen (1,14 juta) [download] / 8.424 yen (1,25 juta) [retail] Bahasa : Jepang Website   all images: play-asia, gematsu source: gematsu [1], [2] & YouTube