Share on

Tidak sedikit anime yang memunculkan karakter seorang ayah di dalam ceritanya. Beberapa di antara para ayah dalam anime itu memiliki pekerjaan yang biasa saja, namun ada juga para ayah yang ternyata memiliki pekerjaan yang tidak seperti imej yang terlihat, dan tidak disangka-sangka! Bagaimana sih sebenarnya pekerjaan para ayah ayah dalam anime ini?

Advertise With Us

HIROSHI NOHARA, AYAHNYA SHINCHAN DI ANIME CRAYON SHINCHAN

Wah, Ternyata Pekerjaan Para Ayah Dalam Anime Ini Cukup Mengejutkan!
(image: matome.naver.jp)

Hiroshi Nohara terlihat seperti seorang karyawan biasa-biasa saja yang ada di mana-mana, namun sebenarnya jika dinilai dengan standar masyarakat Jepang saat ini, ia adalah seorang karyawan luar biasa dengan penghasilan besar!

Di usia 35 tahun, ayah dalam anime Crayon Shinchan ini sudah menjadi asisten manajer. Meski kita tidak tahu kapan ia naik menjadi asisten manajer, namun terlihat bahwa kenaikan karirnya lancar, dan bahkan tidak heran jika ia akan bisa mencapai posisi manajer. Ia juga memiliki rumah di atas tanah yang lengkap dengan halaman di kota Kasukabe, Saitama. Selain itu ia juga memiliki mobil sendiri walaupun tiap hari bekerja menggunakan kereta.

HIROSHI SAKURA, AYAH MARUKO DI ANIME CHIBI MARUKO-CHAN

Wah, Ternyata Pekerjaan Para Ayah Dalam Anime Ini Cukup Mengejutkan!
(image: matome.naver.jp)

Ayah Maruko ini memiliki imej selalu bermalas-malasan dan kerjanya hanya minum sake saja. Bahkan selama lebih dari 25 tahun sejak pertama muncul di majalah Ribon, sekalipun ia tidak pernah terlihat bekerja, dan banyak yang menduga bahwa ia adalah seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training).

Meskipun demikian, karena ada adegan di mana ia tidak ada di rumah dan pulang di malam hari selayaknya orang yang bekerja, ayah dalam anime Chibi Maruko-chan ini bukanlah pengangguran. Karakter-karakter dalam anime ini sendiri dalam dibuat berdasarkan orang nyata. Chibi Maruko-chan adalah karya semi-biografi dari pengarang Momoko Sakura berdasarkan pengalaman masa kecilnya. Oleh karena itu, besar kemungkinan bahwa Hiroshi adalah seorang pemilik toko sayuran, seperti halnya ayah Momoko. Karena sulit untuk menggambarkan keluarga pada umumnya jika sang ayah adalah seorang wiraswastawan, maka pekerjaan ayah Maruko sengaja dibuat tidak jelas.

AYAHNYA BAKABON DARI MANGA SI JENIUS BAKABON

Wah, Ternyata Pekerjaan Para Ayah Dalam Anime Ini Cukup Mengejutkan!
(image: matome.naver.jp)

Ayahnya Bakabon dan Hajime ini sejak lahir sudah bisa bicara, namun karena suatu kecelakaan, otaknya tertukar dengan kuda, sehingga ia menjadi orang yang jenius tapi bodoh. Karena perbuatannya seringkali aneh dan ceroboh, dia sering merepotkan sekelilingnya.

Meskipun ia terlihat seperti jenis orang yang tidak punya pekerjaan, namun sebenarnya, pengalaman kerjanya cukup banyak. Di anime, ia diceritakan sebagai seorang ahli tanaman. Di manga, pekerjaannya berganti-ganti dan bermacam-macam. ia pernah bekerja sebagai karyawan perusahaan, pelukis gambar tiruan, tukang kayu khusus toko soba keliling, tukang cleaning service, salesman make up (walau dalam mimpi), tukang kayu, polisi, biksu, koki masakan barat, tukang memeriksa rasa cabai, dan lain-lain. Semuanya berakhir dengan diberhentikan oleh pemilik usaha ataupun pengunduran diri.

Dalam anime diputuskan ia menjadi ahli tanaman karena "jika sang ayah tidak bekerja, maka tidak akan menjadi contoh yang baik.” Sebenarnya, pengarang manga-nya mengambil nama Bakabon dari kata bahasa inggris “vagabond” yang artinya pengelana.

SON GOKU DARI ANIME DRAGON BALL

Wah, Ternyata Pekerjaan Para Ayah Dalam Anime Ini Cukup Mengejutkan!
(image: matome.naver.jp)

Rasanya karakter anime yang satu ini sudah tidak perlu dikenalkan lagi, ya. Son Goku yang merupakan salah satu petarung dari bangsa Saiya yang dikirim ke bumi di saat ia masih kecil, dan juga merupakan salah satu orang terkuat di jagat raya. Namun kita tidak pernah melihat adegan di mana ia bekerja. Apakah ini tanda bahwa Goku adalah seorang NEET?

Pada salah satu karya spin-off, "Dragon Ball SD," saat Chichi memantapkan hatinya untuk menikah dengan Goku, ia meminta kepada Goku, "Tolong kamu jangan jadi NEET," yang menggambarkan tanda-tanda bahwa secara resmi, Goku adalah NEET, namun di salah satu special anime, ada adegan di mana ia melakukan pekerjaan di sawah, dan di anime yang baru pun ia berpenampilan layaknya seorang petani.

Wah, Ternyata Pekerjaan Para Ayah Dalam Anime Ini Cukup Mengejutkan!
(image: matome.naver.jp)

Ia sering mengeluh karena tidak bisa berlatih, namun nampaknya tetap menjalankan pekerjaan tersebut dengan perhatian dan penuh cinta, dengan lobak sebagai hasil sawah kebanggaannya. Kadangkala terlihat istrinya mengeluh, "Goku tidak bekerja." dan "Harta warisan Goku lama-lama makin sedikit." Jadi mungkin bisa dikatakan jika Goku sekarang bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja.

(Featured image: forum.gamer.com.tw)