Share on

Situs resmi untuk proyek film Kyoto Animation, Violet Evergarden The Movie, mengungkapkan pada hari Senin, 6 April 2020 kemarin bahwa Kyoto Animation telah menunda peluncuran film ini di Jepang karena kekhawatiran terhadap penyakit virus corona baru (COVID-19). Sampai saat berita ini diturunkan, film ini belum memiliki tanggal rilis baru.

Advertise With Us

Violet Evergarden The Movie Ditunda Penayangannya Karena Pandemik Covid-19
Violet Evergarden The Movie (https://myanimelist.net/anime/37987/Violet_Evergarden_Movie)

Film ini dijadwalkan tayang di Jepang pada 24 April 2020. Ini adalah penundaan kedua untuk film ini. karena awalnya dijadwalkan akan tayang pada tanggal 10 Januari 2020 sebelum akhirnya diundur akibat insiden kebakaran yang terjadi di Studio 1 Kyoto Animation pada tanggal 18 Juli 2019 lalu. Penyanyi TRUE akan kembali hadir untuk membawakan lagu tema film "WILL." Adapun teaser dari Violet Evergarden The Movie bisa teman-teman saksikan di bawah ini.

Sebelumnya anime spin-off franchise ini berjudul Violet Evergarden: Eternity dan Auto Memories Doll (Violet Evergarden Gaiden: Eien ke Jidō Shuki Ningyō), tayang di bioskop Jepang September lalu. Di Jepang sendiri film spin-off anime ini awalnya dijadwalkan untuk diputar selama dua minggu, dimulai pada tanggal 6 September, namun akhirnya menjadi lima minggu. Film ini mendapatkan total kumulatif keuntungan sebesar 641.980.500 yen (sekitar 5,98 juta US dolar).

Violet Evergarden The Movie Ditunda Penayangannya Karena Pandemik Covid-19
Netflix Tayangkan Violet Evergarden Gaiden: Eien to Jidou Shuki Ningyou (https://myanimelist.net/anime/39741/Violet_Evergarden_Gaiden__Eien_to_Jidou_Shuki_Ningyou)

Anime tersebut mengadakan premier dunianya seperti yang direncanakan pada konvensi AnimagiC di Mannheim, Jerman Agustus lalu. Penyelenggara AnimagiC mengatakan bahwa mereka melanjutkan pemutaran film "atas permintaan langsung dari studio." Selain itu Netflix mengumumkan di akun offical twitter-nya bahwa mereka akan mulai menyiarkan secara streaming dengan subtitle Bahasa Inggris pada tanggal 2 April 2020.

Violet Evergarden The Movie Ditunda Penayangannya Karena Pandemik Covid-19
Violet Evergarden (twitter : Feat Pictures)

Di Indonesia sendiri film ini mulai tayang pada 29 Januari 2020 di salah satu bioskop swasta. Dikutip dari postingan Feat Pictures di akun Twitternya officialnya, dalam 5 hari penayangan, film ini sudah menembus angka 25.000 penonton. Suatu pencapaian yang sangat baik untuk film animasi Jepang di bioskop Indonesia!

Violet Evergarden The Movie Ditunda Penayangannya Karena Pandemik Covid-19
Violet Evergarden tembus 25.000 penonton dalam 5 hari (https://twitter.com/featpictures)

Adaptasi anime ini diwujudkan oleh Kyoto Animation dari penulis Kana Akatsuki dan ilustrator novel Akiko Takase. Violet Evergarden sendiri ditayangkan perdana di televisi di Jepang dan di Netflix untuk beberapa wilayah pada Januari 2018. Semoga setelah semua wabah pandemik coronavirus Covid-19 ini berlalu, kita semua diberikan kesehatan untuk menikmati film yang sangat menyentuh ini, dan semoga kita bisa menyaksikannya langsung di bioskop Indonesia juga ya!