Share on

JLPT adalah salah salah satu ujian yang paling menentukan bagi para pembelajar bahasa Jepang. Untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian ini, banyak pembelajar bahasa Jepang yang fokus belajar, bahkan sampai mengurangi membaca manga dan menonton anime. Namun, nampaknya pendapat bahwa menoton anime tidak akan membuat nilai JLPT meningkat akan dapat terpatahkan.

Advertise With Us

Seorang pengguna twitter dengan username @SonmiChina beberapa waktu lalu men-tweet sebuah soal listening JLPT yang akan terdengar akrab bagi para penggemar anime:

Jika kalian pernah menonton anime Neon Genesis Evangelion, kemungkinan besar kalian akan langsung mengenali dialog tersebut. Meskipun bukan merupakan cukilan langsung dari anime tersebut, dialognya sendiri terinspirasi dari episode anime tersebut. Bahkan karakter yang muncul yaitu 'sang komandan' dan 'Asuka' adalah karakter yang bisa ditemui di anime tersebut (Gendo Ikari dan Sohryu/Shikinami Asuka Langley), dan  suara seiyuu-nya pun cukup mirip.

Beberapa netizen meragukan bahwa ini bukan bohongan, namun @SonmiChina, dan banyak orang lain yang menjalankan tes yang sama, yaitu JLPT Level 1 yang dilaksanakan pada 6 Desember 2009. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan ke-15 di soal II, memberikan kesaksian mereka bahwa kejadian ini benar adanya.

Beginilah reaksi netizen terhadap kejadian ini:

Saya adalah pengawas ujian itu. Perut saya sakit menahan tertawa lol

Oh, ini bikin kangen. Ini JLPT terakhir sebelum mereka mengubah system levelnya.

Mereka menyebut angel sebagai monster raksasa lol

Haha Shinji bahkan tidak masuk pertanyaan. Dasar pecundang.

Mereka niat banget! Sampai pakai beberapa karakter, suara alarm, komplit!

Pertanyaan gratisan buat otaku yang ikut JLPT

Omong-omong, dialog tersebut pada dasarnya adalah seseorang memberitahu sang komandan bahwa ada monster raksasa yang sudah menyusup ke system, dan senjata yang bisa dipakai hanya mecha Unit 04 yang belum di-tes sebelumnya, dan tidak ada pilot yang bisa diluncurkan. Meski sang komandan berkata bahwa ia akan mengendarai unit tersebut, ucapannya dipotong oleh gadis bernama Asuka yang mengatakan bahwa ialah yang akan mengendarainya, dan langsung menggunakan mecha tersebut.

Pertanyaan di akhir dialog tersebut menanyakan apa yang terjadi : (1) Sang komandan pergi dengan Unit 00; (2) Sang komandan pergi dengan unit 04; (3) sang gadis pergi dengan unit 00; (4) sang gadis pergi dengan unit 04. Bisakah kalian menjawab pertanyaan ini? Share jawaban kalian di kolom comment di bawah ya!

(featured image: blog.livedoor.jp)