Share on

Dengan diperpanjangnya status darurat Jepang hingga akhir Mei mendatang, orang-orang pun berlomba-lomba mencari cara untuk menghibur diri dan menghabiskan waktu di rumah. Nah, produser Studio Ghibli, Toshio Suzuki, punya ide menarik nih yang bisa jadi pengisi waktu luangmu, menggambar Totoro!

Produser hebat yang pernah mendapat pameran khus ini baru saja membagikan rahasia cara menggambar salah satu karakter paling terkenal dari Studio Ghibli yang jadi favoritnya: Totoro dari film animasi My Neighbour Totoro yang tayang pada tahun 1988.

Dengan menggunakan sebuah pena kaligrafi, Suzuki membawa kita melihat langkah demi langkah ntuk membuat karakter imut itu dalam sebuah video yang baru saja dirilis oleh Nagoya Board of Education. Nagoya, di Prefektur Aichi memang menjadi salah satu tempat yang paling dekat di hati bagi Suzuki. Alasannya bukan hanya karena area tersebut merupakan lokasi di mana Ghibli Theme Park akan dibangun, tapi juga merupakan tanah kelahirannya.  

Penasaran dengan videonya? Tonton saja video di bawah ini:

Video ini merupakan bagian dari “Smile Project Channel” milik Prefektur Aichi yang bertujuan untuk membuat anak-anak tetap bisa tersenyum meski mereka tidak bisa ke luar karena permintaan pemerintah Jepang untuk tetap stay at home. Dalam video, Suzuki membukanya dengan menyapa semua penontonnya dengan kalimat manis berikut: “Halo, apakah semunya sehat? Sekarang, aku akan menunjukkan cara menggambar Totoro! Ok?”

Toshio Suzuki memulai videonya. (soranews24.com)
Toshio Suzuki memulai videonya (soranews24.com)

Setelah itu, ia langsung meraih pena kaligrafinya untuk menggambar telinga Totoro dan tubuh bulat karakter imut itu. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, ia berhenti sejenak dan mengucapkan, “Akhirnya kita sampai ke bagian terpentinf. Mata. Gambarlah dengan jarak yang jauh. Ingat ya, ini langkah paling penting.”

Toshio Suzuki menggambar badan telinga dan badan Totoro (soranews24.com)
Toshio Suzuki menggambar badan telinga dan badan Totoro (soranews24.com)
Proses menggambar mata Totoro (soranews24.com)
Proses menggambar mata Totoro (soranews24.com)

Setelah beberapa goresan, Totoro akhirnya terlihat!

Suzuki pun menutup video dengan kalimat: “Jadi! Kalian juga dapat membuatnya di rumah! Aku harap kalian semua menggambarnya!

Gambar Totoro pun jadi! (soranews24.com)
Gambar Totoro pun jadi! (soranews24.com)

Pria berusia 71 tahun ini memang membuat menggambar Totoro terlihat sangat mudah, dan tentunya membuat kita tertarik untuk mencoba menggambarnya di rumah. Namun, tak hanya itu yang menarik perhatian, ada hal lain yang membuat kita salah fokus,  berbagai “harta karun” Ghibli yang mengelilingi Suzuki dalam kantornya! Misalnya dalam sebelah kiri layar terlihar barisan folder dengan kertas kuning bertuliskan juduljudul film kenamaan Ghibli, seperti “Howl’s Moving Castle”, “Tales from Earthsea”, “The Secret World of Arrietty”, “Ponyo”, “From up on Poppy Hill” dan “Ghibli Reports”.

Berbagai folder dan pernak-pernik Ghibli di kantor Toshio Suzuki (soranews24.com)
Berbagai folder dan pernak-pernik Ghibli di kantor Toshio Suzuki (soranews24.com)

Selain folder-folder yang berjajar rapi itu, ada berbagai pernak-pernik Studio Ghibli yang cantik di rak atas, seperti  halte di Totoro dan Yubaba versi mungil dari film  Spirited Away. Indah dan imut!

Video dari Suzuki ini bukanlah satu-satunya hadiah dari Studio Ghibli untuk menemani kita selama pandemi lho, masih ada video  diary dan background gratis yang bisa kamu download untuk menemanimu melakukan video chat!