Share on

Harem adalah genre anime di mana biasanya ada satu karakter utama yang dikelilingi oleh banyak karakter dari lawan jenis (biasanya semuanya berpotensi menjadi love interest). Umumnya anime harem menjadikan karakter laki-laki sebagai tokoh utama yang dikelilingi wanita, sedangkan versi sebaliknya disebut reverse harem dan sering terjadi pada otome game. Mengingat fakta bahwa hal ini dapat menyebabkan segala macam situasi yang kita semua bisa prediksi (canggung ataupun tidak), genre ini sering dicampur dengan adegan romansa, komedi, maupun ecchi.

Genre anime harem cukup populer akhir-akhir ini, karena mampu mengumpulkan basis penggemar yang besar sehingga banyak judul diproduksi, terutama saat memasuki sesi musim panas. Maka dari itu, sebuah website di Jepang membuat survey untuk menyusun daftar 5 anime harem terbaik yang dapat kalian tonton dan nikmati. Selamat bersenang-senang!

Ngomong-ngomong, jika kalian juga tertarik dengan genre reverse harem, kalian bisa lihat artikel Otome Game dari Japanese Station.

                                                                                                                               

Grisaia no Kajitsu

Tidak ada yang lebih unik dari ini! Grisaia no Kajitsu bukan anime harem standar kebanyakan, dengan semua kiasan normal dan elemen sehari-hari. Pertama, anime ini sesungguhnya berada dalam genre psikologi (sangat jarang untuk anime harem). Anime ini juga penuh dengan sensasi, perkembangan yang serius, dan unsur ketegangan, semua kualitas yang membuat Grisaia no Kajitsu ini menjadi anime harem terbaik dan berbeda dari yang lain. Ia berhasil mengkombinasikan beberapa elemen penting dari genre harem dan thriller psikologis yang ternyata cukup menarik.

Grisaia no Kajitsu (wikia.net/grisaia)
Grisaia no Kajitsu (wikia.net/grisaia)

Kisah ini terjadi di sekolah khusus yang didedikasikan untuk mereformasi siswa “bad apple”. Di sana kita akan bertemu lima murid perempuan dengan kehidupannya masing-masing yang memiliki rahasia mengerikan dan penyesalan. Sampai sekarang semua siswa yang menghadiri sekolah adalah perempuan. Tetapi kemudian suatu hari, seorang siswa pria datang untuk bergabung dalam kelas bersama mereka. Meskipun semua orang memiliki rahasia gelap mereka sendiri, siswa baru Kazami Yuuji mungkin memiliki rahasia paling kontroversial dan masa lalu tergelap dari mereka semua.

Saenai Heroine no Sodatekata (Saekano)

Saenai Heroine no Sodatekata menonjol dikarenakan plot dan pembawaannya yang lucu. Ya, ini memang kisah harem standar, tetapi itulah yang sebenarnya membuatnya menarik. Untuk anime yang relatif masih tergolong baru dibanding judul lainnya dalam daftar anime harem terbaik ini, kita dapat mengatakan Saekano memiliki potensi raksasa!

Saekano (i.pinimg.com)
Saekano (i.pinimg.com)

Otaku terbesar di sekolah, Aki Tomoyo, tersandung pada momen langka dengan seseorang yang tampaknya seorang gadis yang sempurna. Tiba-tiba hatinya berdebar, membuatnya ingin membuat game berdasarkan momen spesial itu (meskipun ia tidak tahu siapa gadis itu). Bersumpah untuk serius tentang proyek barunya ini, ia meminta dua siswa paling populer di sekolahnya, Eriri Spencer Sawamura dan Utaha Kasumigaoka, untuk membantunya. Kemudian pada hari itu, dia bertemu lagi dengan gadis yang tampaknya sempurna ini. Hanya kali ini, yang mengejutkannya, sosok gadis itu sebenarnya berbeda dengan sosok yang ia bayangkan.

Boku wa Tomodachi ga Sukunai (Haganai)

Apa yang membuat Boku wa Tomodachi ga Sukunai paling menonjol adalah fakta bahwa Hagainai sangat populer meskipun setting anime ini seperti kondisi default anime harem, sekolah dan klub. Selain itu, Haganai berisikan banyak unsur komedi sehingga membuat kalian tertawa terbahak-bahak setiap kali menontonnya. Percaya atau tidak, tema cowok yang dikelilingi para gadis sangat cocok untuk yang satu ini. Semua momen canggung itu sangat lucu. Kombinasi dengan perpaduan sempurna antara tema kegembiraan dan unsur klasik harem.

Haganai (p4.wallpaperbetter.com)
Haganai (p4.wallpaperbetter.com)

Kodaka Hasegawa selalu diperlakukan sebagai berandalan karena warna rambutnya. Di sekolah menengah, ia bertemu dengan seorang gadis yang tampaknya tidak berbicara dengan siapa pun. Menyadari bahwa dia juga tidak punya teman, mendorong mereka berdua untuk mendirikan Neighbor Club dengan misi mencari teman baru. Sebagai titik awal berdirinya klub, beberapa orang canggung lainnya ikut, bergabung dalam kegiatan klub dari apa yang mereka pikir teman harus lakukan bersama.

Nisekoi

Nisekoi adalah anime harem terbaik dengan eksekusi yang benar-benar tepat. Ia memiliki semua hal yang penting dan bahkan berkembang dengan menggunakan semua klise yang biasa kalian akan lihat dari genre serupa. Ini karena Nisekoi berhasil membawa dirinya sendiri dengan cara yang sangat efektif, sehingga kalian akan berhenti membandingkannya dengan seri harem yang lain. Eksekusi yang tepat dan memanfaatkan kiasan klasik adalah kunci dari kesuksesan serial ini.

Nisekoi (i.pinimg.com)
Nisekoi (i.pinimg.com)

Ketika masih kecil, Raku Ichijou berjanji kepada seorang gadis bahwa ketika mereka akhirnya bersatu kembali suatu hari nanti, mereka akan menikah. Hingga hari ini, dia memegang liontin yang diberikan gadis itu kepadanya. Bertahun-tahun kemudian, ketika di sekolah menengah, Raku menyukai seorang gadis bernama Kosaki Onodera. Karena keluarganya adalah kelompok yakuza yang dikenal sebagai Shuei-gumi dan fakta bahwa dia adalah satu-satunya pewaris, Raku dipaksa untuk menjalani hubungan palsu dengan seorang gadis bernama Chitoge Kirisaki, yang merupakan pewaris kelompok lain yang disebut Bee Hive Gangsters. Sekarang Raku harus berurusan dengan rumitnya kisah cinta yang tumpang tindih, ditambah lagi tidak hanya dua gadis itu saja yang berada di sekeliling Raku loh!

Date A Live

Apakah ini quadrangle love (cinta segi empat)? Atau bahkan lebih dari itu? Hanya ada satu hal yang tersisa untuk Shido lakukan, tangkap hati para roh wanita itu dan buat mereka untuk mencintainya melalui pembicaraan dan pesona yang manis. Date A Live benar-benar sesuai dengan namanya, ini adalah anime “kencan” dan semua orang hidup bahagia karenanya. Tapi satu-satunya yang tersisa dengan semua masalah adalah Shido sendiri. Kemudian kembali lagi, dia menikmatinya jadi tidak apa-apa. ^^

Date A Live (playstationlifestyle.net)
Date A Live (playstationlifestyle.net)

Di dunia yang sering dilanda gempa antariksa (gempa bumi destruktif yang disebabkan oleh arwah), umat manusia telah menderita dan jatuh banyak korban karena amukan arwah yang salah paham. Suatu hari, sebuah rencana yang dibuat oleh organisasi anti-roh Ratatosk mulai berjalan. Bocah SMA Itsuka Shido menjadi bagian dari rencana tersebut karena saudara perempuannya, Itsuka Kotori, sebenarnya adalah kepala Ratatosk. Sekarang, karena kekerasan tidak lagi efektif, Ratatosk meminta Shido untuk berteman dengan roh dan memenangkan hati mereka sebagai resolusi berdamai.

Bagaimana, apakah daftar 5 anime harem terbaik ini sesuai dengan selera kalian? Atau kalian memiliki anime favorit lainnya? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar.