Share on

Ke-5 anime bertema memasak di bawah ini, selain bikin perut lapar,  juga memberikan resep-resep masakan yang menambah wawasan kita. Selain jalan cerita yang lucu dan menarik, visualisasi masakan yang mereka tampilkan mendorong penonton untuk mencoba memasak sendiri.

Advertise With Us

1. Yakitate!! Japan

cooking themed anime yakitate japan
Yakitate! Japan (pinterest.com)

Jepang memiliki sejarah yang menarik dengan roti. Sejak pelaut Portugis memperkenalkan roti ke Jepang pada abad ke-16, kata Jepang untuk roti, "pan," berasal dari bahasa Portugis "pão", sejak saat itu Jepang selalu berkreasi dengan roti mereka. Yakitate!! Japan menyoroti  antusiasme Azuma Kazuma, seorang tukang roti muda yang berambisi menciptakan roti nasional Ja-pan untuk Jepang itu sendiri. Azuma memiliki kemampuan Solar Hands yang memungkinkannya untuk membuat adonan lebih cepat. Anime ini sangat bagus untuk menambah wawasan tentang pembuatan ragi roti.

2. Food Wars! Shokugeki No Soma

Food Wars! Shokugeki No Soma
Food Wars! Shokugeki No Soma (merahputih.com)

Shokugeki No Soma, anime bertema memasak populer yang telah mencapai season 5 saat ini.  Perang memasak di anime ini sangat konyol dan menyenangkan. Menceritakan kisah Soma Yukihira, sang protagonis mendaftar di sekolah elit, atas perintah ayahnya pemilik restoran. Sambil memegang impian mengalahkan ayahnya dalam memasak, Soma harus bertahan di sekolah kuliner tersebut dimana hanya sedikit siswanya yang bisa lulus.

3. Ben-To

cooking themed anime Ben-to
Ben-To (cbr.com)

Meskipun Ben-To tidak menampilkan banyak adegan memasak, tapi anime ini memiliki jalan cerita unik karena menyajikan pertarungan epik untuk mendapatkan bento dengan harga murah. Yo Sato terjebak dalam pertarungan bento murah dengan kelompok Pecinta Makanan Murah. Dia kemudian sadar bahwa untuk mendapatkan bento setengah harga, harus bersaing di antara para siswa. Yo lalu diundang ke Klub Pecinta Makanan Setengah Harga oleh salah satu petarung top, Sen Yarizui, untuk berlatih untuk bersaing dalam pertempuran ini.

4. Yume-iro Pâtissière

cooking themed anime Yume-iro Pâtissière
Yume-iro Pâtissière (cbr.com)

Yume-iro Pâtissière bertabur adegan manis dan tidak menutup kemungkinan, penonton merasa ini adalah anime reverse harem karena sang heroine berjuang di sekolah kuliner yang elit dan mendapatkan bantuan dari cowok-cowok imut di sekitarnya. Secara keseluruhan, banyak penggemar menyukai anime ini karena musiknya yang indah dan panduan langkah demi langkah yang bagus untuk semua kue-kue cantik yang dibuat oleh protagonis Amano Ichigo.

5. Kakuriyo: Bed & Breakfast For Spirits

cooking themed anime Kakuriyo
Kakuriyo: Bed & Breakfast For Spirits (cbr.com)

Anime dengan elemen supranatural dari tradisi Shinto Jepang dan dunia fantasi magis, menceritakan kisah seorang gadis muda yang berurusan dengan kematian kakeknya. Aoi Tsubaki bertemu dengan seorang ogre yang mengklaim almarhum kakeknya berutang kepadanya bahwa dia harus membayar dengan tangannya melalui pernikahan. Dia menolak proposal ogre dan bekerja di Bed & Breakfast untuk membayar utang. Jalan ceritanya mirip seperti Beauty and the Beast juga diselipi banyak adegan memasak dan potongan narasi kehidupan dengan animasi yang indah dan musik yang luar biasa.