Share on

Buat para cewek, pasti menyukai anime reverse harem yang penuh dengan ikemen-ikemen tampan seperti Uta no Prince-sama, Hakuouki, atau Amnesia kan? Nah, tahukah kamu kalau anime-anime ini sebenarnya merupakan adaptasi dari otome game, sebuah game di mana para pemaiinya bisa “mencuri” hati para hero dalam game tersebut. Dan selain 3 anime di atas, masih ada lho anime reverse harem lain yang terinspirasi dari otome game, berikut daftarnya yang dilansir dari CBR!

Uta No Prince-Sama

Uta no Prince-sama (cbr.com)
Uta no Prince-sama (cbr.com)

Uta no Prince-Sama adalah sebuah franchise game populer produksi perusahaan Broccoli yang  pertama kali dirilis pada tahun 2010 di platform Playstation Portable. Game ini cukup populer dan berhasil memenangkan  "Best Consumer Game" award di event Dengeki Girls' Style Otome Game Awards 2011.

Dalam game ini, para pemain akan berperan sebagai Haruka Nanami, seorang composer musik yang masuk ke Saotome Academy, sebuah sekolah seni di mana ia bertemu dengan para love interest-nya yang bersaing untuk menjadi pop idol terbaik!

Adaptasi animenya yang berjudul Uta no Prince-sama: Maji Love 1000% tayang satu tahun kemudian dan berlanjut dengan 3 season baru dan sebuah film.

Kamigami No Asobi

Kamigami No Asobi (cbr.com)
Kamigami No Asobi (cbr.com)

Setelah Uta no Prince Sama, Broccoli kembali meluncurkan visual novel untuk platform Playstation Portable pada tahun 2013, Kamigami no Asobi. Dalam game ini, para pemain akan berperan sebagai Yui Kusanagi, seorang gadis yang menemukan sebuah pedang yang dapat membuatnya pergi ke dunia lain. Dia akhirnya masuk ke sebuah sekolah yang dibuat Zeus untuk malatih para dewa agar dapat mencintai manusia yang mereka jaga.

Adaptasi animenya sendiri tayang dengan 12 episode pada tahun 2014 dan menampilkan 6 love interest dari gamenya. Mereka adalah Dewa Matahari dan Cahaya dari Yunani, Apollo;  Dewa Underworld Yunani, Hades; Dewa Bulan Tsukito; Dewa Laut dan Badai Jepang, Takeru; Dewa Cahaya Nordik, Balder; dan Dewa Api Nordik, Loki.

Haruka: Beyond The Stream Of Time

Haruka: Beyond The Stream Of Time (cbr.com)
Haruka: Beyond The Stream Of Time (cbr.com)

Haruka: Beyond the Stream of Time adalah sebuah otome adventure game yang pertama kali dirilid di platform PlayStation pada tahun 2000. Dalam game ini, kamu akna berperan sebagai seorang siswi SMA bernama Akane Motomiya yang terlempar ke dunia lain yang disebut Kyō bersama dua temannya. Ia juga harus menjalani takdirnya untuk menyelamatkan dunia dari Klan Oni dengan dibantu oleh 8 ikemen yang disebut Hachiyō dan teman-temannya. Nah, ada yang unik dari game ini, berbeda dengan visual novel lain, game ini memiliki elemen  ketika melawan para Oni.

Game ini cukup populer pada zamannya, bahkan sampai dibuat sekuel dan diadaptasi ke dalam bentuk manga pada tahun 1999-2010.  Animenya sendiri tayang pada 2004-2005 dengan 26 episode dan 2 OVA.

Amnesia

Amnesia (cbr.com)
Amnesia (cbr.com)

Amnesia adalah sebuah visual novel yang dirilis pada tahun 2011 untuk platform Playstation Portable dan mendapat sekuel berjudul Amnesia Later (2012) dan Amnesia Crowd (2013).

Sesuai judulnya, heroine dalam game ini mengalami amnesia. Jadi, game ini berfokus pada sang heroine yang mencari cara agar semua ingatannya kembali sambil mencuri hari “target” di saat yang sama. Setiap pilihan jawaban dalam game ini dibuat berdasarkan  deck kartu, mulai dari hearts, spades, clubs, diamonds,hingga joker. Animenya tayang pada tahun 2013 dalam 12 episode.

Meiji Tokyo Renka

Meiji Tokyo Renka (cbr.com)
Meiji Tokyo Renka (cbr.com)

Tidak seperti game-game lain dalam daftar di atas, Meiji Tokyo Renka awalnya merupakan sebuah mobile game yang drilis pada tahun 2011 sebelum akhirnya diport ke Playstation Portable di tahun 2013. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai Mei Ayazuki yang terlempar ke masa lalu. Di sanalah Mei akan hidup bersama para tokoh bersejarah dari era tersebut. Akankah Mei jatuh cinta dan memutuskan untuk hidup di masa lalu? Ataukah ia memilih untuk kembali ke dunianya? Temukan jawabannya di gamenya ya!

Adaptasi animenya tayang dalam 12 episode pada tahun 2019 lalu.