Berita Jepang | Japanesestation.com

Selain anime bergenre isekai, salah satu genre populer dalam anime adalah dark-fantasy, alias cerita fantasi dengan cerita yang berat dan gelap. Anime dengan genre ini memang sangat seru! Jalan ceritanya serius dan battle scene-nya yansangat intens, membuat kita tak bosan menontonnya. Nah, dari sekian banyak anime dark-fantasy yang telah dirilis kini, ada 5 anime dark-fantasy yang pantas dinobatkan sebagai 5 anime dark-fantasy terbaik sepanjang masa! Apa saja?

1. Kimetsu no Yaiba

live action anime japanesestation.com
Kimetsu no Yaiba (geekculture.co)

Siapa sih yang gak tau anime satu ini? Ya, Kimetsu no Yaiba (鬼滅の刃) adalah salah satu seri manga dan anime bergenre dark-fantasy paling hit saat ini. Seri manganya sendiri pertama kali tayang dengan 36 episode pada 2019 silam. Sekuelnya, Kimetsu no Yaiba the Movie: Infinity Train juga menjadi film dengan tingkat penjualan terbesar dalam box office Jepang sejak dirilis pada bulan Oktober 2020 lalu!

Sisi “gelap” anime dark-fantasy ini terlihat dari konflik antara manusia dan iblis jahat. Cerita pun dimulai saat sang protagonis, Tanjiro Kamado harus kehilangan hampir seluruh keluarganya kecuali sang adik, Nezuko. Ia harus berlatih keras agar bisa menjadi seorang pemburu iblis yang kuat dam bertempur melawan berbagai iblis serta menolong Nezuko untuk kembali menjadi manusia. 

Huawei MatePad Pro

2. Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist: Brotherhood (cbr.com)

Fullmetal Alchemist (鋼の錬金術師) adalah salah satu manga dark-fantasy terpopuler sedunia yang pertama kali one diadaptasi menjadi anime pada 2003. Animenya sendiri terdiri dari 2 versi, yaitu Fullmetal Alchemist dan Fullmetal Alchemist: Brotherhood (2009-2010) yang memiliki jalan cerita sama dengan manga orisinalnya.

Seri ini menceritakan tentang dua alchemist bersaudara, Edward Elric dan adiknya,  Alphonse Elric. Keduanya mencoba untuk membangkitkan ibunya dari kematian dengan alchemy meski hasilnya nihil dan malah membuat mereka harus kehilangan beberapa bagian tubuh mereka. Dan untuk mendapatkan tubuh mereka kembali, keduanya harus  bertarung melawan para homunculus yang tentunya tak mudah.

3. Tokyo Ghoul

lagu opening anime terbaik japanesestation.com
Tokyo Ghoul (cbr.com)

Sama seperti dua seri di atas, Tokyo Ghoul (東京喰種トーキョーグール) juga meurpakan anime dark-fantasy yang populer di kalangan fans Jepang dan luar Jepang. Animenya memiliki 3 season: Tokyo Ghoul (2014), Tokyo Ghoul √A (2015) dan Tokyo Ghoul:re (2018).

Sisi gelap dari  anime ini terletak di latarnya, Tokyo fiktif dimana para mahluk berbahaya bernama dup di antara manusia. Mahluk-mahluk ini terlihat seperti manusia pada umumnya, meski membutuhkan daging manusia sebagai makanan mereka. Sang protagonis, Ken Kaneki hampir mati setelah diserang oleh sesosok Ghoul, namun berhasil bertahan hidup setelah menjalani transplatasi organ dari sesosok Ghoul. Sejak saat itu, hidup Kaneki pun berubah…

4. The Promised Neverland

The Promised Neverland (約束のネバーランド) adalah sebuah manga populer yang dirilis di majalah manga populer Weekly Shonen Jump dan pertama kali diadaptadi menjadi anime pada 2019 silam. Musim kedunya baru saja dirilis pada tahun 2021 ini sementara manganya sendiri teleh tamat pada Juni 2020 lalu.

Seri manga dan anime ini memiliki latar di sebuah dunia fiksi di tahun 2045. Ceritanya sendiri berfokus pada 3 anak yatim piatu bernama Emma, Norman dan Ray  yang harus bertahan dari kerasanya takdir dan dunia luar.

5. Death Note

Suka dengan sesuatu yang berbau thriller dan fantasi? Death Note (デスノート) jawabannya! Seri ini adalah salah satu dari deretan manga dan anime yang tak boleh kamu lewatkan. Nah, seri animenya diadaptasi dari manga  berjudul sama pada tahun 2006 dan 2007. Tak hanya itu, seri popouler ini sempat diadaptadi menjadi sebuah film live-action oleh Jepang dan Holywood.

Anime dark-fantasy ini berfokus pada seorang pemilik Death Note, nuku yang dapat membunuh orang hanya dengan menuliskan namanya saja. Seorang pelajar SMA bernama Light Yagami  menemukan buku tersebut dan bertemu dengan sesosok Shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Ia menggunakannya untuk membunuh beberapa orang dan mencapai tujuannya membuat dunia yang “ideal” sementara karakter utama lainnya, L, melawannya untuk membuat Light berhenti menggunakan Death Note.

Itulah 5 anime dark-fantasy terbaik sepanjang masa. Apakah teman-teman setuju?