Share on

Meski mungkin grafik dan artwork-nya tidak sebagus anime masa kini, ada sesuatu yang membuat anime-anime jadul keluaran tahun 80-an selalu bikin kita kangen dan gak bosan menontonnya. Nah, buatmu yang ingin bernostalgia dengan anime-anime jadul, JS punya daftar 10 anime tahun 80-an yang wajib ditonton!

1. Patlabor: The Movie

Patlabor: The Movie (cbr.com)
Patlabor: The Movie (cbr.com)

Patlabor adalah sebuah film anime bergenre science fiction yang diangkat dari manga berjudul sama karya Masami Yuki. Anime ini memiliki setting Jepang modern dengan teknologi tinggi, mirip dengan anime populer Ghost in the Shell. Dalam film ini, Kepolisian Metropolitan Tokyo diperintahkan untuk memusnahkan robot-robot “rusak” yang disebut dengan Labors. Selain film, franchise ini juga mendapat beberapa adaptasi lain, seperti beberapa OVA, dan light novel.

2. Akira

Akira (io9.gizmodo.com)
Akira (io9.gizmodo.com)

Berikutnya, ada film science-fiction fantastis keluaran tahun 1988, Akira! Berlatar di beberapa dekade setelah suatu peristiwa yang menyebabkan hancurnya Tokyo di mana seorang pemuda bernama Tetsuo mendadak memiliki kekuatan psikis.

Ceritanya seperti menggabungkan antara Blade Runner dengan 2001: A Space Odyssey namun dilengkapi dengan animasi keren pada zamannya!

3. Ranma 1/2

Ranma 1/2 (cbr.com)
Ranma 1/2 (cbr.com)

Jika dua anime di atas memiliki cerita berat dan serius, anime satu ini bakal bikin kamu tertawa, Ranma 1/2! Anime bergenre komedi produksi Studio Deen ini berlatar di Qinghai, suatu provinsi di Cina dan menceritakan Ranma, seorang pemuda yang bisa merubah gendernya setelah jatuh ke kolam kutukan Jusenkyo. Ranma 1/2 memperlihatkan interaksi antar para karakternya dengan sangat baik, membuat plotnya makin bagus. Belum lagi ada scene lucu tentang hubungan Ranma dan Akane, wajib nonton deh!

4. Vampire Hunter D

Vampire Hunter D (cbr.com)
Vampire Hunter D (cbr.com)

Setelah menonton anime ringan, mari kembali yang gelap dan berat, seperti film Vampire Hunter D. Film yang diproduksi pada tahun 1985 ini menceritakan tentang seorang pemburu vampire bernama  called "D” dan direkrut oleh seorang gadis bernama Doris Lang untuk melindunginya dari serangan vampire kuat bernama Count Lee.

Sebelum diadaptasi menjadi film, Vampire Hunter D ternyata sebuah novel lho dan ilustrasinya dibuat oleh Yoshitaka Amano yang beken dengan Final Fantasy!

5. Wicked City

Wicked City (cbr.com)
Wicked City (cbr.com)

Apa yang terjadi saat kamu menggabungkan thriller erotis, film horror, mafia, dengan gambar ala neon-lit yang mencolok? Kamu akan mendapatkan Wicked City, salah satu anime kebanggaan Yoshiaki Kawajiri. Dengan porsi pas dari ramuan di atas, anime buat para penonton dewasa ini pasti bikin kamu betah menontonnya!