Share on

Teman-temanmu menyarankan untuk menonton anime dalam masa social distancing, tapi kamu sendiri tidak begitu tertarik dengan anime? Gak ada salahnya kamu mencoba memulai menonton anime dengan 5 film anime berikut. Setelah menontonnya, kamu berpotensi menjadi seorang fans anime! Nah, apa saja? Simak daftarnya yang dilansir dari Gizmodo ini!

Castle in the Sky (1986)

Castle in the Sky (io9.gizmodo.com)
Castle in the Sky (io9.gizmodo.com)

Memang sulit membicarakan film anime tanpa membicarakan Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli.  Film-filmnya selalu mempesona, seperti Castle in the Sky. Film ini memadukan antara Gulliver’s Travels dengan legenda Atlantis, menghasilkan cerita menarik tentang seorang gadis bernama  Sheeta yang memiliki sebuah koneksi dengan kerajaan yang hilang, Laputa. Setelah berhasil kabur dari agen-agen pemerintah,  Sheeta bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Pazu, yang setuju untuk menolongnya mencari kota yang hilang itu. 

Akira (1988)

Akira (io9.gizmodo.com)
Akira (io9.gizmodo.com)

Berikutnya, ada film science-fiction fantastis keluaran tahun 1988, Akira! Berlatar di beberapa dekade setelah suatu peristiwa yang menyebabkan hancurnya Tokyo di mana seorang pemuda bernama Tetsuo mendadak memiliki kekuatan psikis.

Ceritanya seperti menggabungkan antara Blade Runner dengan 2001: A Space Odyssey namun dilengkapi dengan animasi keren pada zamannya.

Your Name (2016)

Your Name (io9.gizmodo.com)
Your Name (io9.gizmodo.com)

Jika Akira terlalu berat untukmu, bagaimana kalau menonton film romance seperti Your Name? Film besutan Makoto Shinkai ini meceritakan seorang pemuda kota bernama Taki dan seorang gadis desa bernama Mitsuha yang tertukar badan dan jiwanya. Lama kelamaan mereka bertambah dekat wlaaupun tidak pernah bertemu. Artwork cantik dan cerita unik membuat film ini jadi salah satu film terpopuler abad 21. 

Ghost in the Shell (1995)

Ghost in the Shell (io9.gizmodo.com)
Ghost in the Shell (io9.gizmodo.com)

Jika kamu menyukai genre cyberpunk, Ghost in the Shell adalah tontonan wajib. Film yang berlatar di dunia di mana bagian tubuh manusia atau pikirannya dapat diganti dengan cybernetic parts ini menceritakan tentang Major Motoko Kusanagi, yang tengah memburu Puppet Master, seorang super hacker yang dapat mengambil alih  tubuh orang lain tanpa seizin pemiliknya.

Wolf Children (2012)

Wolf Children (io9.gizmodo.com)
Wolf Children (io9.gizmodo.com)

Terakhir ada film yang sedih namun heartwarming di saat yang sama, Wolf Children. Film ini menceritakan tentang seorang manusia bernama Hana yang jatuh cinta dengan seorang serigala shapeshifter dan memiliki dua anak bersamanya. Sayangnya,  sang serigala tewas tak lama kemudian, meninggalkan Hana dan dua anaknya yang juga shapeshifter.

Meski terdengar klasik, film ini punya keunikannya sendiri. Misalnya ketika film ini memperlihatkan perjuangan Yuki dan Ame (2 anak serigala) apakah mereka ingin menyembunyikan atau menerima sisi hewan mereka sementara Hana harus tetap merahasiakan identitas mereka tanpa membuat mereka merasa malu dengan dirinya sendiri. Di akhir cerita, Yuki dan Ame memilih jalannya masing-masing.

Itulah 5 film anime yang bisa bikin kamu jadi seorang fans. Mau mencoba yang mana dulu?