SHARE THIS ARTICLE

Akita, Anjing Pekerja Kebanggaan JepangAkita berasal dari Jepang. Anjing ini dianggap sebagai anjing nasional Jepang. Dahulu di Jepang, Akita adalah anjing yang berharga sangat mahal, terhormat, dan hanya dipunyai oleh kalangan bangsawan dan aristokrat. Kala itu, Akita digunakan sebagai anjing penjaga kekaisaran, retriever atau anjing yang ditugaskan mengambil buruan babi, unggas, bahkan beruang. Akita bisa dijadikan teman yang setia dan protektif.

Anjing ini memiliki karakter mencolok. Tubuhnya besar, kuat, dan berotot. Cakarnya berselaput sehingga ia bisa menjadi perenang yang sangat baik. Ia adalah anjing tenang yang memiliki martabat besar. Selain kuat dan waspada, Akita adalah anjing yang responsif dan berani.

Akita adalah anjing yang sangat cerdas, spontan, dan tak kenal takut. Ia suka bersahabat dengan manusia. Anjing ini sangat setia kepada keluarga dan orang yang ia kenal, tetapi waspada dan menyendiri terhadap orang asing. Akita sangat protektif terhadap keluarga, wilayah, dan makanannya. Ia bisa sangat agresif terhadap anjing dan hewan peliharaan lain. Meski demikian, Akita bisa bergaul dengan orang dewasa dan anak-anak serta menunjukkan perilaku yang sangat baik dalam keluarga, tetapi ia tidak akan mentolerir anak-anak yang tak dikenalinya.

Akita adalah anjing penjaga yang sangat baik, meskipun ia tidak menggonggong secara berlebihan. Namun, ia tidak bisa menjadi penjaga yang baik jika dibiarkan sendirian untuk waktu yang lama. Untuk alasan ini, anjing ini tidak juga cocok untuk keluarga yang memiliki kesibukan padat. Anjing ini membutuhkan banyak perhatian. Akita juga tidak cocok dipelihara oleh pemilik anjing pemula, atau orang yang tenang dan terlampau sabar.

Bulu ganda anjing ini tahan air. Bulu luarnya keras, lurus, dan sedikit berdiri dari tubuhnya. Lapisan bulu di bawahnya padat, lembut, dan dekat dengan tubuh. Bulu di kepala, kaki, dan telinganya pendek, sementara bulu di ekor panjang dan tebal. Ia biasanya merontokkan bulu dua kali dalam setahun. Warna bulu Akita antara lain putih, merah, sesame, dan belang-belang.

Source : kembangpete.com
COMMENT