SHARE THIS ARTICLE

Doumo, Minna-san….

Setelah beberapa waktu lalu kita sempat kenalan dengan 8 Sub-unit, kali ini kita kenalan lagi dengan beberapa Sub-Unit yang lain yang belum sempat dibahas dan kali ini aku akan lebih membahas Sub Unit yang sifatnya One-shot Unit [ unit yang hanya dibentuk untuk 1 buah event/acara] dan beberapa group ini sudah tidak aktif lagi hari ini.

9. NATTO ANGEL & NATTO ANGEL [Z]

One-shot Unit ini dibentuk untuk memperingati salah satu hari Nasional di Jepang yang diberi nama Natto Day. Natto ini sendiri berarti sejenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan dicampur dengan nasi. Biasa dikonsumsi untuk sarapan pagi karena mengandung banyak protein. Dan Natto Angel ini bisa dibilang sebagai duta kampanye untuk mengkonsumsi Natto bagi seluruh masyarakat Jepang. Unit ini terdiri dari Miyazaki Miho, Itano Tomomi dan Kasai Tomomi dan mengeluarkan 1 buah lagu untuk kampanye tersebut berjudul sama dengan nama Groupnya, Natto Angel.

Ditahun berikutnya, Natto Angel tetap berdiri meskipun berganti personil. Miyazaki Miho tetap sementara Itano Tomomi dan Kasai Tomomi digantikan posisinya oleh Nito Moeno, Ishida Haruka dan Sato Sumire dan Natto Angel berganti nama menjadi Natto Angel [Z] dan mengeluarkan single berjudul “Natto Man”

Natto Angel[Z]

 10. QUEEN & ELIZABETH

One-shot unit ini terdiri dari 2 personil AKB48 yaitu Itano Tomomi dan Kasai Tomomi, yang akrab dipanggil TomoTomo. Unit ini dibentuk pada tahun 2010 ketika sedang booming serial Tokusatsu Kamen Rider W dimana kedua personil ini hadir sebagai pemeran pendukung dalam beberapa episodenya. Dan single lagu dari Queen & Elizabeth yang berjudul “Love♡Wars” dirilis bulan Maret 2010 dan menjadi salah satu soundtrack dari film tersebut yang menampilkan aktor Kiriyama Ren dan Suda Masaki.

 11. SUKEBAN GIRL [ Sukeban Gar’u]

One-shot Unit ini dibentuk sebagai duta promosi sebuah game Pachinko [ Game ketangkasan yang cukup terkenal di Jepang ] yang diberi nama Bikkuri Pachinko Sukeban Deka‘ di tahun 2011. Game ini mengadaptasi sebuah film bertema action di tahun 1980-an dimana seorang murid perempuan dari sebuah SMA, hanya dengan bersenjatakan Yo-Yo, mampu menumpas banyak kejahatan di kotanya sehingga sering diperbantukan untuk kesatuan kepolisian. Film ini berjudul “Sukeban Deka”. Unit ini terdiri dari 2 personil AKB48 yaitu Oshima Yuko dan Kasai Tomomi dan 1 orang personil SKE48, Matsui Rena. Unit ini melahirkan 2 buah single. Single pertama berjudul “Tsupparu Riyuu“ menjadi lagu pembuka dari game ini dan lagu “Tomo yo Yoake ni Machiawaseyo“ sebagai penutup apabila seseorang berhasil menyelesaikan game ini. PV dari sub unit ini pun bertemakan action dan ketiga personil ini harus melakukan beberapa adegan yang cukup berbahaya dalam pembuatannya.

12. TEAM DRAGON

Siapa yang tidak kenal serial Anime Dragon Ball ? Salah satu Sub-unit dari AKB48 pun turut andil untuk mengisi Ending Song dari serial Dragon Ball Kai. Dan mengeluarkan 1 buah single berjudul “Kokoro No Hane” Wings of the Heart ]. One Shot unit ini terdiri dari 7 personil peringkat teratas AKB48 [ Minus Shinoda Mariko ] yaitu Maeda Atsuko, Oshima Yuko, Itano Tomomi, Kojima Haruna, Takahashi Minami dan Kashiwagi Yuki dan menamakan sub unit ini dengan sebutan Team Dragon. Dan sub unit ini diperkenalkan pada ajang AKB48 Single Senbatsu Sousenkyo ke 2, di tahun 2010 dan single ini dibawah lisensi dari Columbia Music Entertainment, Japan.

 13. TEAM PB [ Weekly Playboy ] & Team YJ [ Young Jump ]

Sub Unit yang dibentuk bekerja sama dengan 2  majalah “Gravure” remaja yang sangat terkenal di Jepang, yang diterbitkan oleh Shueisha berjudul Weekly Playboy dan Young Jump. Team PB terdiri dari Kashiwagi Yuki, Miyazawa Sae, Miyazaki Miho, Oota Aika, Nito Moeno, Takadjo Aki dan Maeda Ami. Sedangkan team YJ terdiri dari Kasai Tomomi, Kitahara Rie, Sashihara Rino, Kuramochi Asuka, Minegishi Minami, Kikuchi Ayaka dan Nakagawa Haruka ]. Setiap member akan ditampilkan bersama di beberapa edisi. Dan para pembaca boleh memilih satu dari keempat belas member ini. Setiap vote yang didapat, diperhitungkan sebagai point untuk 1 team. Dan di babak penentuan nanti, masing2 team akan membawakan lagu yang diciptakan oleh Akimoto Yasushi untuk masing-masing team. Team yang tampil sebagai juara, berhak untuk tampil sebagai Cover kedua majalah tersebut, di  edisi mendatang. Lagu yang dibawakan oleh Team PB berjudul Enkyori Poster sedangkan lagu yang dibawakan oleh Team YJ berjudul Choose me!. Kedua lagu tersebut ada dalam single AKB48 ke 15, Sakura No Shiori. Dan team PB keluar sebagai pemenangnya.

14. Team MINT

Sub-Unit ini adalah pemenang dari kompetisi yang diadakan oleh Ameba Pigg, dimana seluruh member AKB48 dipecah menjadi beberapa sub-unit secara acak dan masing-masing dari mereka berkompetisi untuk memperebutkan vote dari penggemar. Dan lagu dari Team yang berhasil menjadi pemenang, akan tampil sebagai coupling song dari Single AKB48 ke 18, “Beginner”. Team Mint yang terdiri dari : Maeda Atsuko, Katayama Haruka, Nito Moeno, Kasai Tomomi dan Matsui Sakiko berhasil menjadi pemenang menyisihkan 9 team lainnya dan lagu dari MINT “Kimi Ni Tsuite” berhasil masuk sebagai Coupling song dari single Beginner. Berikut adalah nama-nama Sub Unit yang terbentuk dari hasil pengundian secara acak tersebut, namun lagu-lagu dari masing-masing Team ini, tidak dipublikasikan.

[Sumber : http://melosnomichi.blogspot.com/2010/08/akb48-team-pigg-battle.html ]


Nama Team    = Judul Lagu  = Personil

Love Company = Thirsty = Oshima Yuko, Sato Amina, Nakaya Sayaka, Miyazaki Miho
MINT = Kimi ni Tsuite = Maeda Atsuko, Katayama Haruka, Kasai Tomomi , Nito Moeno, Matsui Sakiko
U = Delete = Itano Tomomi , Masuda Yuka , Komori Mika, Kobayashi Kana, Hirajima Natsumi[Graduated], Matsubara Natsumi, Oya Shizuka
Lolita Peter Pan = Tenshi no Fruit Parfait = Watanabe Mayu, Ishida Haruka
Eyes = Next Heaven = Takahashi Minami, Nakatsuka Tomomi, Nakagawa Haruka, Oku Manami[Graduated], Iwasa Misaki, Uchida Mayumi
GIRLS·ing = Uso Desho? = Kuramochi Asuka, Kojima Haruna, Umeda Ayaka, Kikuchi Ayaka, Sato Natsuki, Chikano Rina
Cosmos Tokei = Merry Go Round = Kashiwagi Yuki, Fujie Reina, Sashihara Rino, Maeda Ami
Shaku ga Hoshii = Renaiun Joshotai = Minegishi Minami, Takajo Aki, Oota Aika, Nonaka Misato, Tanabe Miku Houkenshitsu = Barairo Countdown = Miyazawa Sae, Kitahara Rie, Sato Sumire, Nakata Chisato, Yonezawa Rumi[Graduated], Suzuki Mariya
Sally Akimoto = Kamuchakka Wataridori Bojou = Akimoto Sayaka [Solo]

15. TEAM Z

Sub group yang dibentuk tahun 2011 sebagai duta promosi bagi game Kyoraku Pachinko. Personil team Z adalah gabungan dari AKB48, SKE48 dan SDN48 yang rata-rata usianya sudah diatas 18 tahun dan berjumlah 16 orang.

AKB48 : Miyazawa Sae, Oshima Yuko, Akimoto Sayaka,Matsubara Natsumi,Kitahara Rie,Yonezawa Rumi[Graduated], Sato Amina, Kuramochi Asuka, Sato Natsuki dan Takadjo Aki.
SDN48 [Graduated]: Sato Yukari, Ohori Megumi dan Akita Kazue
SKE48 : Matsui Rena, Hiramatsu Kanako dan Takayanagi Akane

Dan team Z mengeluarkan 1 buah single dan PV baru berjudul “Koi no Onawa” dan menyanyikan kembali salah satu lagu Hits milik AKB48, Aitakatta yang diaransemen ulang dengan tambahan instrumen tradisional Jepang.

16. MINISKIRT

Sub group ini dibentuk pada tahun 2010 dan diperkenalkan di event Tokyo Toy Show 2010. Miniskirt terdiri dari 3 orang member Kenkyuusei yang cukup berbakat. Mereka adalah Shimada Haruka, Takeuchi Miyu dan Mori Anna [Graduated]. Lagu debut mereka berjudul Mini skirt no Yousei. Selain itu, Miniskirt juga tampil dalam salah satu Game yang dipamerkan di acara tersebut sekaligus mempromosikan game itu kepada publik.

17. Team U

Sub-unit ini termasuk unik, karena tidak membawakan lagu maupun perform secara Live, tapi team ini dibentuk oleh para personil AKB48 yang berperan dalam Film layar lebar “Ultraman Saga” tahun 2012 sebagai peringatan 45 tahun tokoh Ultraman hadir di dunia entertainment di Jepang, terutama dikalangan penggemar Tokusatsu. Aktor yang berperan dalam film ini adalah Sugiura Taiyo [Ultraman Cosmos], Tsunoro Takeshi [Ultraman Dyna] dan Daigo Naito atau lebih dikenal dengan panggilan Daigo☆Stardust, seorang aktor sekaligus penyanyi yang cukup terkenal sebagai . Dalam film ini, para personil AKB48 akan bertindak sebagai Team Pembela Bumi.

Akimoto Sayaka berperan sebagai pimpinan dari team Pembela Bumi, Anna.
Umeda Ayaka sebagai Misato, wakil dari Anna
Miyazawa Sae sebagai Komandan Special Unit, Kapten Sawa.
Team Mekanik diperankan oleh Kobayashi Kana sebagai Maomi dan Masuda Yuka sebagai Nonko.
Kepala Staff kesehatan Riisa, diperankan oleh Sato Sumire
Dan Kepala bagian komunikasi Hina, diperankan oleh Shimada Haruka.

Ending song dari Ultraman Saga ini adalah single dari sub unit AKB48 DiVA yang berjudul “Lost In Way”.  Film Ultraman Saga sendiri telah ditayangkan di Jepang bulan Maret 2012 dan diperkirakan DvD dan versi Blu-ray akan segera dirilis menjelang akhir tahun 2012. Sub-Unit DiVA ini sendiri akan kita bahas di Bagian ke 3.

 [Bersambung ke part 3]..otanoshimi ni…..

COMMENT