SHARE THIS ARTICLE

AKB48 selain memiliki team, seperti Team A, Team K, Team B dan Kenkyuusei, juga memiliki apa yang disebut Sub-Unit. Sub-unit ini adalah group kecil dari AKB48 dan masih menjadi bagian dari management AKB48 dan personilnya pun merupakan member AKB48 dan sister groupnya. Sejak terbentuk tahun 2005, AKB48 telah memiliki beberapa sub-unit. Beberapa ada yang masih bertahan hingga sekarang, namun ada pula yang hanya dibentuk untuk promosi / pembuatan iklan suatu produk, acara TV maupun untuk soundtrack film. Sub unit seperti ini disebut One-Shot Unit.

Saya akan coba bahas satu-persatu AKB48 Sub-Unit tersebut…..

1. HONEGUMI from AKB48

AKB48_Subunit

Sub Unit pertama dari AKB48 yang berisikan 4 orang anggota yaitu Itano Tomomi, Ono Erena [graduated], Oku Manami [graduated] dan Masuyama Kayano [graduated]. Sub unit ini dibentuk untuk promosi salah satu acara Televisi untuk anak-anak berjudul Karada de Asobo. Honegumi yang mengeluarkan 1 single di bulan Februari tahun 2007 berjudul “Hone Hone Waltz” dan kemudian dibubarkan.

2. ICE from AKB48

ICE_AKB48

Sub unit ini dibentuk sebagai pendukung dari sebuah film Anime berjudul ICE. Anggota yang tergabung dalam ICE adalah : Oshima Yuko, Ono Erena [graduated], Kasai Tomomi, Sato Natsuki dan Imai Yu [graduated]. Masing-masing dari mereka ini mengisi karakter dalam film tersebut dan sekaligus mengisi thema pembukanya dengan lagu berjudul Aisareru to Iu Koto for ICE.

3. Crayon Friends From AKB48

Crayon_Friends_AKB48

Sub unit ini dibentuk sebagai partisipasi AKB48 dalam promosi film anime yang cukup terkenal hingga ke Indonesia, yaitu Crayon Shinchan,

“Crayon Shin-chan: Arashi o Yobu Utau Ketsu dake Bakudan!”. Crayon Friends ini terdiri dari 5 member AKB48 yang saat ini semuanya sudah graduated yaitu :

Imai Yu, Urano Kazumi, Oshima Mai, Noro Kayo dan Orii Ayumi. Dan lagu yang mereka nyanyikan berjudul Yuru Yuru de DE-O! di tahun 2007. Dan group ini membubarkan diri setelah selesai promosi.

4. Chocolove From AKB48

Chocolove_AKB48

Sub Unit ini terbilang cukup baik karena ketiga personilnya memiliki kualitas suara yang baik. Akimoto Sayaka, Miyazawa Sae dan Nakanishi Rina [Graduated] adalah personilnya. Chocolove ini sempet mengeluarkan 2 buah single di tahun 2007 sebelum akhirnya membubarkan diri karena Nakanishi Rina memutuskan untuk graduated dari AKB48. Single dari Chocolove ini berjudul “Ashita wa Ashita no Kimi ga Umareru” terjual hampir mencapai angka 10.000 copy dan single ke dua “Mail no Namida” terjual kurang lebih 5.100 copy.

5. Okashina Sister.

okashina_sister_AKB48

Sub group berikutnya ini dibentuk sebagai dukungan AKB48 terhadap sebuah film anime berjudul “Mirakuru Mimika/Miracle Mimika. Beranggotakan 3 orang member dari Team B yang baru saja terbentuk di tahun 2007 yaitu : Watanabe Mayu, Oota Aika dan Nakagawa Haruka. Sub unit ini mengeluarkan 1 single sebagai lagu tema anime tersebut yang diberi judul “‘Koi no CHEWING”. Setelah proyeknya selesai, pihak management menambah 1 orang personil lagi yaitu team B Hirajima Natsumi. Dan Okashina Sister ini adalah cikal bakal group besar yang akan menjadi salah satu sub unit andalan dari AKB48 yaitu Watarirouka Hashiritai

6.  AKB Idoling !!!

AKB_Idolling

Di awal tahun 2009, AKB48 bukanlah satu-satunya group Idol wanita yang berkibar di Jepang. Bahkan bisa dibilang, Rival terberat AKB48 ketika itu adalah sebuah group Idol yang juga berasal dari Tokyo hasil besutan dari Fuji TV, Idoling !!!. Idol Group Idoling !!! sendiri dibentuk pada Oktober 2006 dan berisikan calon idola-idola muda yang tidak kalah cantik dan tidak kalah bertalenta seperti AKB48. Bedanya Idoling !!! tidak berbentuk Theater-based Idol dan untuk menghafal masing2 membernya, pihak management mereka memakai sistem pernomoran, seperti Idolling !!! #1, Idolling !!! #2, dst.

AKB48 berkolaborasi dengan Idoling !!! sempat menelurkan 1 buah single berjudul Chu Shiyouze. AKB Idoling !!! ini berjumlah 16 orang terbagi menjadi 8 member dari AKB48 [Maeda Atsuko, Matsui Jurina, Itano Tomomi, Oshima Mai [graduated], Ono Erena[graduated], Oshima Yuko, Kasai Tomomi, Kojima Haruna ] dan 8 member dari Idoling !!! adalah [#3 Endo Mai, #6 Tonooka Erika, #7 Yazawa Erika, #9 Yokoyama Rurika, #14 Sakai Hitomi, #15 Asahi Nao, #16 Kikuchi Ami, #17 Miyake Hitomi ]. Dalam mempromosikan bentuk kolaborasi kedua Idol group ini, masing-masing idol group hadir di acara TV show dari masing-masing Idol Group. Idoling hadir di acara milik AKB48 yaitu AKBINGO [Episode 15 & 16, Januari 2009 ] dan AKB48 pun tampil di acara milik Idoling !!!  bertajuk sama dengan nama group tersebut.

 

7. No3b [ No Sleeves ]

no_Sleeves_akb48

N03b adalah sub unit yang dibentuk untuk mengisi soundtrack dari sebuah dorama yang dibintangi oleh 3 orang member AKB48 yaitu Takahashi Minami, Kojima Haruna dan Minegishi Minami yang berjudul MENDOL [ Ikemen Idol ]. Kisah perjalanan 3 orang sahabat yang bercita-cita menjadi IDOL, tapi terjebak disebuah keributan sehingga mereka bertiga harus menyamar sebagai laki-laki. Namun justru, dengan berpakaian seperti laki-laki ini, mereka malah ditemukan oleh seorang produser dan menjadikan mereka sebuah group idola bernama Persona. Single pertama dan kedua No3b masih menggunakan nama Persona. Barulah setelah single 3, Persona berganti nama menjadi No3b/ dibaca No Sleeves. Sampai dengan tahun 2011, No3b telah mengeluarkan 10 single. Bahkan single terakhir mereka berjudul “Pedicure Day”  bertengger di posisi nomor 2 di Oricon Chart Japan di tahun 2011. Dan No3b menjadi Sub Unit AKB48 pertama yang menempatkan singlenya di Top Ten Oricon Chart, di tahun 2009 dengan single “Tane” di posisi 9.

8. Watarirouka Hashiritai 

Watarirouka Hashiritai

Sub unit Watarirouka Hashiritai [WH]  konsep awalnya dicetuskan oleh Akimoto Yasushi sang produser sebagai langkah untuk menghidupkan kembali sebuah idol group wanita yang cukup terkenal di tahun 1980-an, yang bernama Ushirogami Hikaretai. Konsep bergaya retro namun suara dari para personilnya cenderung lucu dan lagu-lagunya berirama dan bersemangat. Personil WH awal adalah 3 personil dari Okashina Sister ditambah member team B Hirajima Natsumi. Formasi awal WH sempat mengisi soundtrack ending dari film anime  Fairy Tail dengan Singlenya yang berjudulKanpeki Guu No nee di tahun 2009 dan single ini berhasil terjual sejumlah 23.000 copy.

Di awal tahun 2010, WH menambah kekuatan menjadi 5 member dengan bergabungnya Kikuchi Ayaka dari Team K dan WH berhasil menembus Peringkat 1 di Oricon Chart dengan single AkKanbe Bashi. Di tahun yang sama, WH berpatisipasi dalam salah satu balap mobil Indy Car kelas dunia yang diselenggarakan di Twin Ring Motegi, Jepang dan mengeluarkan sebuah dokumentasi singkat berdurasi 5 menit tiap episodenya berjudul Indy Gakuen serta sebuah single berjudul Seishun no Flag.
akb48
Dan di tahun 2011, Akimoto menambah lagi amunisi WH menjadi 7 personil dengan dicantumkan nama Komori Mika team B dan Iwasa Misaki Team A dan merubah nama WH menjadi sebuah Sub unit yang sangat kuat dari AKB48 sampai sekarang yang bernamaWatarirouka Hashiritai Seven [WH7]. Single WH7 yang fenomenal berjudul “Valentine Kiss” begitu digemari publik radio di Jepang di tahun 2011 dan menempatkan single tersebut di peringkat 2 Oricon Chart dengan total penjualan sebanyak 127 ribu copy. Single berikutnya berjudul Hetappi Wink dan Kibou Samyaku dengan PV-nya yang bergenre retro pop berhasil duduk ditangga Oricon peringkat 2 dan 3. Dan tidak hanya itu, para personil WH7 pun diminta untuk mengisi suara untuk film televisi Crayon Shincan dan bahkan seluruh personil WH7 ada di film tersebut dalam bentuk animasi.

Namun di awal tahun 2012, personil AKB48 sekaligus personil WH7, Hirajima Natsumi menyatakan pengunduran dirinya dari AKB48 dan otomatis posisi di WH7 jadi lowong. Dan akhirnya tak lama kemudian, di bulan maret 2012, mantan personil AKB48 team B sekaligus mantan personil SDN48 Urano Kazumi bergabung dengan WH7 dan menelurkan single berjudul “Shōnen yo Uso o Tsuke!” namun penjualannya tidak sedashyat single sebelumnya. [Cindy adalah mantan personil AKB48 sekaligus  kapten "bayangan” dari Team B selama 3 tahun, jadi Cindy bukanlah sosok asing bagi Watanabe Mayu, Komori Mika, Nakagawa Haruka dan Oota Aika yang merupakan personil team B sebelum reshuffle AKB  ditahun 2009]

Namun WH7 termasuk salah satu sub group dari AKB48 yang cukup diperhitungkan, karena termasuk dalam jajaran Super Idol Group Battle di Daichikaiyubi Matsuri ~Idol Rinji Soukaii 2012  bersama Idoling !!!, Super Girl, Momoiro Clover Z, Passpo, Tokyo Joushiryu [ [ Tokyo Girl Style/TGS]dan Shiritsu Ebisu Chuugaku di Nippon Boudokan

akb48

[F[Foto : Formasi Terbaru Watarirouka Hashiritai 7, 2012]strong>

Atas    : Komori Mika, Urano Kazumi, Kikuchi Ayaka, Iwasa Misaki
Bawah : Oota Aika, Watanabe Mayu, Nakagawa Haruka

 [B[Bersambung ke part 2]em>

COMMENT