SHARE THIS ARTICLE

Sushi, sukiyaki, dan ramen, bisa jadi merupakan kuliner-kuliner ala Jepang yang popularitasnya mendunia. Namun sebetulnya, tak ada satupun kuliner-kuliner di atas yang biasa disantap sehari-hari di rumah. Bicara tentang kuliner khas Jepang seharusnya juga menyebut tentang kuliner ala rumahan yang tak kalah lezatnya. Dilansir dari tsunagujapan.com, berikut ini 8 kuliner rumahan yang biasa ditemukan di meja makan rumah-rumah di Jepang.

1. Nikujaga

kuliner 01 - nikujaga
ja.wikipedia.org

Salah satu dari makanan rumahan utama di Jepang adalah Nikujaga. Kuliner ini terbuat dari kentang, wortel, mie shirataki dari konnyaku, daging sapi atau babi, dan dibumbui dengan sake, soy sauce, gula dan mirin. Kabarnya, kalau bisa membuat kuliner ini, berarti kalian sudah selangkah maju untuk memenangkan hati pria Jepang.

2. Kinpira Gobou

kuliner 02 - kinpira gobou
www.flickr.com, photo by Norio NAKAYAMA

Kuliner ini mungkin kurang populer di luar Jepang, dan bahannya terbuat dari wortel, akar burdock, soy sauce, paprika, dan gula. Rasanya pahit manis namun lezat.

3. Stew (Rebusan)

kuliner 03 - rebusan
www.flickr.com, photo by Koji Horaguchi

Salah satu kuliner rumahan yang menjadi favorit di musim dingin. Cara membuatnya mudah. Cukup campurkan daging atau ikan dan sayuran, dan ditambah dengan bumbu-bumbu seperti garam, soy sauce, kimchi, dan lain-lain sesuka hati.

4. Oden

kuliner 04 - oden
www.flickr.com, photo by Ippei Suzuki

Kuliner rumahan lainnya yang juga menjadi favorit saat cuaca dingin. Bahan-bahan seperti chikuwa, makanan olahan dari ikan, telur, dan sebagainya, direbus dalam kuah kaldu dengan api kecil agar rasanya meresap. Saat ini oden cukup mudah ditemukan di konbini di Jepang.

5. Pork Shougayaki

kuliner 05 - pork
www.flickr.com, photo by kimishowota

Makanan paling populer di antara murid SMA laki-laki. Kuliner ini merupakan menu standar dalam paket makan siang dan biasa disantap dengan kubis.

6. Takikomi Gohan

kuliner 06 - takikomi gohan
www.flickr.com, photo by dreamcat115

Nasi dengan rasa tertentu. Jenisnya sangat banyak, mulai dari jamur, sayuran, dan daging.

7. Kiriboshi Daikon

kuliner 07 - kiriboshi daikon
www.flickr.com, photo by dreamcat115

Daikon (sejenis lobak) termasuk salah satu bahan makanan paling lazim dalam kuliner Jepang. Untuk menu ini, daikon yang telah dipotong panjang dan tipis dikeringkan, lalu digoreng bersama wortel dan tofu goreng. Sederhana, namun sehat.

8. Saba no Misoni

kuliner 08 - saba no misoni
www.flickr.com, photo by Ippei Suzuki

Kuliner yang terbuat dari irisan makarel, jahe, miso, sake, dan gula yang direbus dalam soy sauce. Konon jika dapat membuat kuliner ini dengan sempurna, maka kalian sudah selevel dengan ibu rumah tangga Jepang.

COMMENT