SHARE THIS ARTICLE

Setelah sebelum ini mengulas sekilas tentang osechi, makanan khas tahun baru di Jepang, kini Japanese Station akan memberikan sedikit pembahasan yang lebih detail mengenai hidangan ini. Seperti yang kita sudah ketahui, osechi adalah makanan khas tahun baru berupa berbagai macam lauk yang dikemas dalam kotak bertumpuk yang disebut jubako. Nah, berikut ini adalah beberapa lauk yang sering dimasukkan ke dalam jubako sebagai masakan osechi di Jepang.

Datemaki

Datemaki biasanya disajikan di dalam sebuah jubako yang divernis. Masakan khas tahun baru yang satu ini berupa omelet gulung manis. Makanan ini sangat populer di saat tahun baru.

Kurikinton

Kurikinton memiliki arti “kastanye emas halus,” dan dibuat dari kastanye dan ubi yang ditumbuk. Makanan yang satu ini merupakan simbol keberuntungan ekonomi dan kekayaan. Kurikinton akan lebih baik jika dibuat dengan ubi Jepang, karena rasanya lebih manis, dan akan menghasilkan warna kuning yang terang.

Namasu

Namasu adalah salad lobak dan wortel yang diacar dengan cuka manis. Makanan ini pertama kali diperkenalkan dari Cina pada zaman Nara.

Chikuzenni

Masakan ini merupakan masakan ayam dan sayuran yang direbus perlahan dengan api kecil. Untuk tahun baru, sayuran dan konnyaku pada masakan ini dibentuk lebih meriah sebagai bentuk perayaan.

Tazukuri

Tazukuri dibuat dengan melapisi baby sardines panggang dengan shoyu manis. Salah satu masakan yang populer untuk tahun baru, masakan yang satu ini menjadi simbol panen yang sukses. Nama tazukuri sendiri berarti “membuat sawah,” karena zaman dahulu, ikan sarden banyak digunakan sebagai pupuk.

Kuromame

Kuromame secara harfiah berarti kacang hitam dalam bahasa Jepang, dan berupa masakan kacang kedelai hitam manis. Memakan kuromame juga dianggap baik untuk kesehatan di tahun yang baru.

Kazunoko

Kazunoko adalah masakan telur ikan haring yang berwarna kuning keemasan dengan tekstur agak renyah. Makanan ini memiliki makna keluarga yang sejahtera dengan banyak anak.

Kamaboko dengan telur ikan salmon

Masakan yang dibuat dengan kamaboko atau fishcake ini dapat memunculkan kesan elegan, padahal, membuatnya cukup mudah, hanya dengan membelah sedikit kamaboko yang kemudian diselipkan dengan daun shiso dan telur ikan salmon di atasnya.

Demikian beberapa hidangan yang sering dijadikan lauk untuk osechi. Tentunya, masih banyak lauk lain yang sering digunakan untuk osechi, karena di Jepang sendiri, lauk yang digunakan pun bervariasi tergantung daerah dan kebiasaan.

(All images: justonecookbook.com)

Source : justonecookbook.com
COMMENT