SHARE THIS ARTICLE

Kita tidak bisa hidup tanpa membuat limbah apapun. Kita memisahkan dan mengeluarkan sampah pada hari truk sampah datang. Hal yang mungkin telah umum dan sama untuk juga dilakukan di berbagai negara.

Hal-hal yang sepertinya biasa saja mengenai penanganan limbah di Jepang, namun kadang dianggap mengejutkan oleh mereka yang tidak terbiasa melakukannya di negara mereka, meliputi:

1: Mengeluarkan sampah ketika mereka meninggalkan rumah untuk bekerja.

2: Insinerator (tempat pembakaran sampah) merupakan bangunan yang indah.

3: Kolam renang air hangat di samping peralatan pengolahan sampah.

4: Mengganti sepatu ke sepatu dalam ruangan di dalam sebuah fasilitas pengolahan sampah.

5: Hari pengambilan sampah oleh truk sampah telah ditetapkan.

6: Memisahkan sampah dengan teliti.

7:Siswa SD datang untuk study tur ke fasilitas pengolahan sampah.

8: Furniture yang terbuat dari bahan-bahan recycle sangat populer.

Di Jepang, ketika kita membuang sebuah botol, maka kita akan memisahkan botol dengan tutup botolnya. Biasanya tiap kota mendistribusikan “kalender hari pengambilan sampah” untuk rumah tangga dan orang-orang mengeluarkan jenis sampah yang tepat pada tiap hari pengambilannya. Study tur ke fasilitas pengolahan sampah adalah hal yang biasa dan beberapa fasilitas pengolahan sampah bahkan memiliki perlengkapan untuk studi anak-anak. Mengenakan sepatu dalam ruangan mungkin lebih terkait pada kebiasaan dan budaya orang Jepang saja, karena mereka membuka sepatu di rumah, dan mengganti dengan sepatu dalam ruangan saat di sekolah.

Karena 8 hal tersebut merupakan hal yang biasa untuk masyarakat Jepang, maka sedikit menarik jika ada pihak-pihak yang menganggap bahwa hal-hal tersebut mengejutkan. Pastinya pemerintah Jepang pun mempelajari sebagian dari hal-hal tersebut dari negara lain jadi itu bukanlah ide orisinil negara Jepang. Namun hal yang terpenting adalah bagaimana ide-ide ini dapat membantu permasalahan sampah dan limbah di negara-negara lain.

sumber : japanstyle.info

COMMENT